20 Pegawai BNN Kubu Raya lakukan tes urin cegah penggunaan narkoba

id BNN Kubu Raya

20 Pegawai BNN Kubu Raya lakukan tes urin cegah penggunaan narkoba

Pegawai BNN Kabupaten Kubu Raya menyerahkan sampel urin yang langsung diperiksa oleh petugas, di Sungai Raya, Selasa (20/6/2023). ANTARA/Rendra Oxtora.

Pontianak (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, melaksanakan tes urine kepada 20 orang pegawainya sebagai upaya untuk memerangi penyalahgunaan narkoba di lingkungan instansi tersebut.

"Tes urine yang dilakukan di BNN Kabupaten Kubu Raya menjadi langkah yang efektif dalam mengidentifikasi individu yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba," kata Kepala BNN Kabupaten Kubu Raya  AKBP A.H. Daulay, di Sungai Raya, Selasa.

Dia menjelaskan tes ini bertujuan untuk mendeteksi adanya zat-zat terlarang dalam tubuh seseorang yang dapat mengindikasikan adanya penyalahgunaan narkoba. Melalui tes ini, BNN berharap dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam mencegah dan mengurangi penyalahgunaan narkoba di kawasan Kabupaten Kubu Raya.
Pegawai BNN Kabupaten Kubu Raya menyerahkan sampel urine yang langsung diperiksa oleh petugas, di  Sungai Raya, Selasa (20/6/2023).  ANTARA/Rendra Oxtora


"Setiap orang yang mengikuti tes urine akan memberikan sampel yang kemudian akan dianalisis di laboratorium terkait. Dan pemeriksaan itu, hasilnya semua negatif dan artinya tidak ada pegawai kita yang menggunakan barang haram ini," tuturnya.

Daulay menambahkan hasil tes urine ini tidak hanya memberikan gambaran tentang keberadaan narkoba di lingkungan Kabupaten Kubu Raya, tetapi juga membantu mengidentifikasi individu yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

"Dengan demikian, tindakan pencegahan dan rehabilitasi yang sesuai dapat diberikan kepada mereka yang membutuhkannya," ujarnya.

Selain tes urine, kata dia,BNN Kabupaten Kubu Raya juga melaksanakan berbagai kegiatan preventif dan edukatif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba, antara lain kegiatan seminar, kampanye antinarkoba, dan sosialisasi di sekolah-sekolah.

"BNN berharap bahwa dengan upaya yang terus-menerus, mereka dapat menciptakan lingkungan yang aman dan sehat di Kabupaten Kubu Raya," ujarnya.

Menurut dia, penyalahgunaan narkoba merupakan masalah serius yang mempengaruhi banyak aspek kehidupan masyarakat, sehingga dengan adanya tes urine dan upaya pencegahan yang terus-menerus, diharapkan dapat mengurangi dampak negatif penyalahgunaan narkoba dan menciptakan masyarakat yang lebih baik dan sehat.