Banggai dapat predikat UHC karena pelayanan kesehatan baik

id Kabupaten Banggai, BPJS Kesehatan, Luwuk,Layanan kesehatan, uhc, Sulteng

Banggai dapat predikat UHC karena pelayanan kesehatan baik

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Luwuk, Sanny Cristian Mangundap (kemeja merah) saat memberikan penghargaan kepada tiga jurnalis yang berhasil menjawab kuisioner dalam kegiatan Media Gathering pada Jumat, (23/6/2023). ANTARA/ Stepensopyan Pontoh

Luwuk, Banggai (ANTARA) -
Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah telah mendapatkan predikat Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan karena peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sudah di atas 93 persen.

"Predikat UHC ini tidak lepas dari peran Pemerintah kabu Banggai yang mendukung program Jaminan JKN dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk meningkatkan derajat layanan kesehatan masyarakat," kata Sanny Cristian Mangundap pada acara temu jurnalis di Luwuk, Jumat.

Ia mengatakan, pencapaian Banggai memperoleh derajat kesehatan yang baik merupakan suatu prestasi tertinggi bagi pelayanan kesehatan masyarakat.

Dengan begitu,  masyarakat tidak lagi kesulitan mendapatkan layanan kesehatan meski menunggak, sebab nantinya bisa langsung dialihkan ke tanggungan Pemda setempat.

Fasilitas kesehatan (Faskes) bagi masyarakat, juga lebih baik, meskipun dalam implementasi masih ada keluhan mengenai program JKN. Namun, perbaikan pelayanan terus digalakkan BPJS Kesehatan dengan membuka ruang komunikasi secara luas.

"Keluhan-keluhan tersebut bisa diteruskan kepada kami, dan kami siap memberi penjelasan, supaya masyarakat bisa mendapatkan jawaban melalui teman-teman media," tuturnya.