Kabupaten Sigi raih penghargaan atas upaya menurunkan kasus stunting

id stuning,stunting sigi,pemprov sulteng,pemkab sigi ,andi ilham,penghargaan penurunan stunting

Kabupaten Sigi raih penghargaan atas upaya menurunkan kasus stunting

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekda Sigi Andi Ilham (kiri) menerima penghargaan yang diberikan Wakil Gubernur Sulteng Ma'mun Amir (kanan). (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemprov Sulteng)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi meraih penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah atas upaya percepatan penurunan kasus stunting di daerah tersebut.

"Penghargaan ini tentu menjadi semangat dan motivasi untuk terus berinovasi menggencarkan pengentasan stunting," kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Andi Ilham di Sigi, Kamis.

Pemerintah Kabupaten Sigi menerima penghargaan kinerja kabupaten lokasi fokus aksi konvergensi percepatan penurunan stunting kategori khusus.

Penghargaan itu diberikan oleh Wakil Gubernur Sulteng Ma'mun Amir dengan diterima Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekda Sigi Andi Ilham pada rembuk stunting dan pemberian penghargaan aksi konvergensi penurunan stunting terintegrasi kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah Tahun 2023.

Berdasarkan data hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI), pada 2022 kasus stunting di Kabupaten Sigi mengalami penurunan 3,9 persen atau menjadi 36,8 persen dari sebelumnya 40,7 persen pada 2021.

Penanganan secara terpadu melibatkan multi pihak, antara lain pemerintah desa, kecamatan, dan puskesmas, melibatkan tokoh masyarakat desa dan pihak swasta, penting dalam mengoptimalkan intervensi percepatan penurunan stunting.

"Kerja sama yang baik dan terpadu akan lebih memaksimalkan pemenuhan gizi masyarakat rentan stunting seperti ibu hamil dan anak," ujarnya.

Pemkab Sigi telah menetapkan 25 desa sebagai lokasi fokus penanganan kasus kekerdilan untuk optimalisasi penanganan kasus tersebut.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, 25 desa yang ditetapkan sebagai lokus penanganan stunting terdapat di sembilan kecamatan, meliputi Kecamatan Sigi Biromaru, Nokilalaki, Palolo, Dolo Selatan, Marawola Barat, Kulawi, Gumbasa, Dolo Selatan, dan Dolo.

Pemprov Sulteng juga menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Poso dan Pemerintah Kabupaten Morowali, yang juga meraih penghargaan serupa untuk kategori khusus.

Pemprov Sulteng juga menyerahkan penghargaan kepada daerah yang meraih kategori terbaik, yakni Pemerintah Kabupaten Banggai Laut, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong. dan Pemerintah Kabupaten Banggai.