UIN Palu tegaskan mahasiswa harus selesai kuliah S1 tepat waktu

id uin palu,abidin djafar,mahasiswa kkn uin palu,mahasiswa uin palu,uin datokarama palu

UIN Palu tegaskan mahasiswa harus selesai kuliah S1 tepat waktu

Foto bersama para mahasiswa KKN Angkatan X Gelombang II Tahun 2023 dengan para dekan fakultas, LP2M serta Wakil Rektor Bidang Akademik Profesor Abidin Djafar. (ANTARA/HO-Muthia)

Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, menegaskan mahasiswa jenjang pendidikan strata satu (S1) harus selesai kuliah tepat waktu yaitu delapan semester.

"Selesai tepat waktu atau delapan semester, hal itu menjadi satu bentuk prestasi yang membanggakan bagi mahasiswa dan keluarga," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Datokarama Palu Profesor Abidin Djafar, di Palu, Selasa.

Pernyataan profesor Abidin Djafar seiring dengan penarikan 164 mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Angkatan X Gelombang II Tahun 2023. Sebanyak 164 mahasiswa tersebut telah menjalani proses KKN di Kabupaten Donggala dan Tolitoli.

Profesor Abidin mengatakan setelah melaksanakan KKN, mahasiswa harus segera menyusun karya ilmiah dalam bentuk skripsi dan mempertanggung jawabkan karya ilmiah itu dihadapan penguji.

"Pemenuhan karya ilmiah dalam bentuk skripsi menjadi satu syarat untuk meraih gelar sarjana, mahasiswa harus fokus menyusun karya ilmiah dengan mengedepankan pendekatan penelitian kualitatif atau kuantitatif," ujarnya.

Di samping itu, kata dia, mahasiswa yang telah selesai KKN, agar mengurus kembali nilai - nilai mata kuliah yang perlu diperbaiki, untuk meningkatkan perolehan nilai IPK.

"Masih ada waktu bagi mahasiswa untuk mengurusi nilai-nilai, silahkan ke bagian akademik masing - masing fakultas," ujarnya.

Profesor Abidin mengatakan proses - proses dan tahapan itu, tidak boleh ditunda oleh mahasiswa. Karena, sebut dia, apabila ditunda dapat berdampak pada tertundanya selesai S1.

"Jika tertunda selesai tepat waktu, maka hal itu berkonsekuensi pada pembiayaan SPP dan sebagainya, oleh karena itu jangan sampai tertunda," ungkapnya.

Ia mengingatkan mahasiswa, bahwa selesai tepat waktu dalam jenjang S1 memiliki banyak manfaat, karena usia yang masih sangat muda dan sangat produktif. Dengan demikian, peluang kerja semakin lebar.

Di sisi lain, dengan usia yang sangat mudah tersebut, sangat baik bila melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat strata dua (S2).

"UIN Palu bisa menjadi tempat mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan S2," ungkapnya.

Baca juga: Akademisi UIN Datokarama: Kepatuhan bakal caleg terhadap regulasi sangat penting
Baca juga: UIN Datokarama Palu bentuk unit pelayanan kesehatan topang pembukaan Prodi Kesmas
Baca juga: Sebanyak 12 perempuan berkompetisi rebut kursi anggota Bawaslu di lima daerah