Penasaran dengan nasi kuning khas "kelapa goreng" ibu Mawar

id Kota Palu,Kuliner,nasi kuning,palu,Sulteng

Penasaran dengan nasi kuning khas "kelapa goreng" ibu Mawar

Salah satu warung makan yang bisa didapati di Jalan KH Mas Mansyur, Kelurahan Baru Sulawesi Tengah. ANTARA/Gita Magang

Palu, Sulteng (ANTARA) - Hampir di setiap Kota Palu menjual nasi kuning mulai dari restoran, warung makan bahkan bisa didapat di setiap sudut Kota Palu. Salah satunya di Jalan KH Mas Mansyur, Kelurahan Baru Sulawesi Tengah.

Nasi kuning merupakan makanan favorit bagi sebagian besar masyarakat Kota Palu, terlebih masakan khas dengan nasi berwarna kuning yang dimasak dengan rempah-rempah tradisional ini memiliki cita rasa yang sangat pas. nasi kuning yang disajikan dengan lauk pauk diantaranya, ayam sambal, telur, ikan suir, daging gore-gore (daging sapi yang diolah dengan bumbu rendang), kelapa goreng, bawang goreng, kuah sayur. Bahkan nasi kuning bisa dipasangkan dengan gorengan bakwan dan kerupuk,  sehingga semakin menggugah selera makan.

Warna kuning pada nasi ini didapat dari kunyit yang ditambahkan sejak proses memasak beras hingga menjadi nasi. Tak lupa ditambahkan dengan bumbu lain seperti  garam, penyedap rasa, daun sereh, santan, daun pandan, daun jeruk  untuk membuat lebih gurih dan harum untuk disantapkan.

"Menu andalan dari warung ini adalah nasi kuning ikan suir, setiap harinya banyak dari pelanggan yang memesan menu makanan ini tersebut," kata Mawar (80) pemilik warung nasi kuning yang berada di Jalan KH Mas Mansyur.

Menurut Mawar sebelum menjual nasi kuning terlebih dahulu dirinya menjual kue-kue takjil pada bulan Ramadhan.

Kemudian dia mengembangkan usahanya dengan menjual nasi kuning secara online, dandan seiringnya waktu pesanan menjadi lancar dan pelanggannya ramai.

“Nasi kuning di sini memiliki ciri khas dengan taburan kelapa goreng sehingga aroma dan rasanya menggoda,” ujar Alfiani salah seorang pembeli.

Harga dan menu di nasi kuning ini yaitu mulai dari ikan suir Rp10 ribu/porsi, telur Rp10 ribu/porsi, ayam Rp12 ribu/porsi, daging Rp15 ribu/porsi, ikan telur Rp13 ribu/porsi, ayam telur Rp15 ribu/porsi, daging telur Rp17 ribu/porsi.Warung ini buka dari pukul 19.00 WITA sesudah Sholat Magrib dan tutup pukul 23.15 WITA.

Bagi yang ingin mencoba nasi kuning dengan khas “kelapa goreng” ayo joo tunggu apalagi datang di warung nasi kuning ibu Mawar di Jalan KH Mas Mansur, Kelurahan Baru, Kecamatan Palu Barat.