Pemkot Palu dan KLHK lakukan kerja sama program magang ASN daerah

id Dlhpalu, magang ASN, Pemkotpalu, Moh Rizal, Sulawesi Tengah ,KLHK

Pemkot Palu dan KLHK lakukan kerja sama program magang ASN daerah

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Palu, Moh Rizal (ketiga kanan) melepas dua Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu mengikuti program pemagangan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Senin (7/8/2023). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah bekerja sama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan(KLHK) dalam program pemagangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan permerintah  setempat.
 
"Atas kerja sama yang terbangun, saat ini dua ASN Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Palu diutus untuk mengikuti magang guna meningkatkan wawasan dalam melaksanakan tugas teknis," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kota Palu Moh Rizal di Palu, Senin.

Ia mengemukakan, dua ASN yang terpilih mengikuti program pemagangan atas nama Cakra Panca Saputra selaku pengawas lingkungan hidup ahli muda dan Rahmad Pambudi Utomo selaku penyuluh lingkungan hidup.

Keduanya di tempatkan di Direktorat Jendral Planologi Kehutanan dan Lingkungan, serta Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya dan Beracun.

"Pemagangan berlangsung tiga bulan, dan kami berharap peserta disiplin dan menjaga nama baik Pemda," ujarnya.

Ia memaparkan, program pemagangan nasional oleh Pemkot Palu sudah berlangsung sejak tahun 2022 di sejumlah kementerian dan lembaga maupun Pemda di Pulau Jawa sebagai upaya peningkatan kapasitas dalam pelaksanaan tugas teknis supaya memiliki etos kerja yang baik.

Tahun lalu, sekitar 12 orang mengikuti magang luar daerah, dan tahun ini empat orang, dua diantaranya penempatan Kementerian LHK dan dua orang lainnya penempatan Pemda Sleman Yogyakarta.

"Pemilihan KLHK sebagai tempat magang, karena persoalan lingkungan di Kota Palu sangat strategis, sehingga perlu penguatan sumber daya manusia (SDM) dalam menjalankan tugas-tugas teknis pengelolaan kebersihan," kata Rizal menuturkan.

Ia menambahkan selain magang ASN, Pemkot Palu juga membuka program pemagangan khusus guru dan kepala sekolah sebagai upaya pemerintah setempat meningkatkan mutu pendidikan daerah.