Pemkab Sigi dan WIA bersinergi tingkatkan kualitas perdamaian

id Wia,WIA Sigi,Pemkab Sigi,Alkhairaat,Nuim Hayat

Pemkab Sigi dan WIA bersinergi tingkatkan kualitas perdamaian

Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Nuim Hayat. ANTARA/HO-Dok Prokopim Setda Pemkab Sigi

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, bersinergi dengan Wanita Islam Alkhairaat (WIA) Kabupaten Sigi untuk meningkatkan kualitas perdamaian dan kerukunan di daerah itu.

"WIA memiliki peran wanita sebagai agen perubahan dalam pembangunan daerah," ucap Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Nuim Hayat, di Sigi, Ahad.

Pemkab Sigi dan WIA Kabupaten Sigi menggelar Milad Ke-13 WIA Sigi tahun 2023 yang berlangsung di RTH Taman Taiganjad, Desa Kalukubula, Kecamatan Sigi Biromaru.

Kata Nuim Hayat, Milad WIA Kabupaten Sigi merupakan momen penting bagi komunitas wanita Al-Khairaat untuk merefleksikan program kegiatan, demi lebih memaksimalkan kontribusi dalam pembangunan daerah.

Menurut dia, sebagai organisasi perempuan yang dilandasi nilai-nilai keislaman dan kealkhairatan, WIA menjadi agen perubahan di masyarakat pada aspek sosial keagamaan, pendidikan dan pemberdayaan umat.

"Kami menyampaikan apresiasi kepada Wanita Islam Al-Khairaat atas dedikasi mereka dalam berbagai program sosial yang telah memberikan manfaat bagi masyarakat kabupaten ini," sebutnya.

Nuim Hayat mengatakan bahwa Sigi dihuni oleh berbagai suku, agama, budaya dan bahasa. Kemajemukan yang ada, ujar dia, harus dijaga dan dijunjung tinggi oleh semua pihak.

"Maka WIA menjadi agen terdepan dalam membina masyarakat untuk memupuk persaudaraan antar sesama manusia demi kedamaian dan kerukunan Sigi," ujarnya.

Sekretaris Daerah juga menyampaikan komitmen Pemerintah Kabupaten Sigi dalam mendukung program-program Wanita Islam Al-Khairaat yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Upaya kolaborasi antara pemerintah dan organisasi ini diharapkan dapat menghasilkan sinergi yang lebih baik dalam mencapai tujuan bersama," kata dia.

Sementara itu Ketua WIA Kabupaten Sigi Azizah Irwan mengatakan bahwa WIA akan terus berkontribusi dalam membangun umat beragama pada aspek sosial keagamaan, pemberdayaan dan pendidikan.

"Kami berterima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Sigi," ucapnya.
Pengurus WIA Kabupaten Sigi dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Nuim Hayat. ANTARA/HO-Dok Prokopim Setda Pemkab Sigi