Pemkab Bangkep ajak berbagai pihak lindungi potensi SDA

id Pemkab Bangkep,Asisten II Bangkep,Edison Moligay,Sda bangkep,Lingkungan bangkep

Pemkab Bangkep ajak berbagai pihak lindungi potensi SDA

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Banggai Kepulauan Edison Moligay. (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Bangkep)

Banggai Kepulauan, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, mengajak berbagai pihak di daerah itu untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam perlindungan lingkungan serta sumber daya alam (SDA).

"Agar lingkungan kita tetap lestari, begitu pula dengan sumber daya alam, tetap terjaga, sehingga dapat memberikan manfaat besar dan berkelanjutan untuk daerah dan masyarakat," ucap Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan Edison Moligay, di Banggai Kepulauan, Jumat.

Ia mengemukakan bahwa pembangunan aspek lingkungan dan sumber daya alam di antaranya berupa pelestarian dan perlindungan, merupakan prioritas.

Hal ini, katanya, karena manusia dan lingkungan saling ada ketergantungan, sehingga dibutuhkan kebersamaan dan komitmen semua pihak untuk merawat, menjaga, dan melestarikan SDA.

"Termasuk dalam hal merawat dan menjaga potensi lingkungan dan sumber daya alam pada sektor pariwisata, pertanian, kelautan dan perikanan, serta kehutanan," kata dia.

Pemkab Banggai Kepulauan, kata dia, bekerja sama dengan beberapa pihak melakukan pengembangan jasa lingkungan dan penataan ekosistem.

Upaya itu, kata dia, diawali dengan lokakarya tentang area lindung berbasis masyarakat dan fungsi jasa lingkungan pada penataan ekosistem karst Kabupaten Banggai Kepulauan.

"Pada 'workshop' (lokakarya) ini, akan dipaparkan tentang situasi ekosistem dan kekayaan keragaman hayati di Banggai Kepulauan, terutama ekosistem dan bentang alam Pulau Peling, dan pilihan-pilihan pengembangan jasa layanan ekosistem yang dapat dioptimalkan dalam mengelola sumber daya alam dan melindungi kekayaan keragaman hayati," kata dia.

Dia berharap, lokakarya tersebut menghasilkan rekomendasi yang komprehensif dalam menemukan dan mengenali model pembangunan berkelanjutan di Banggai Kepulauan sehingga inisiatif-inisiatif pengelolaan dan perlindungan SDA makin tumbuh pada masa yang akan datang.