PKK-Bangkep asah keterampilan perempuan buat produk bernilai ekonomi

id Tp pkk bangkep,Pelatihan pembuatan souvenir,Pelatihan pembuatan produk bernilai ekonomi,Wahyuningsih,Pemkab Bangkep,Bupa

PKK-Bangkep asah keterampilan perempuan buat produk bernilai ekonomi

Ketua TP-PKK Bangkep Wahyuningsih pada pelatihan pembuatan suvenir bagi perempuan di Desa Bakalan, Kecamatan Tinangkung. (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Bangkep)

Banggai Kepulauan, Sulteng (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Sulawesi Tengah, mengasah keterampilan perempuan, khususnya ibu rumah tangga di Desa Bakalan, Kecamatan Tinangkung, membuat produk bernilai ekonomi.

"Pembangunan keterampilan perempuan dalam pembuatan produk bernilai ekonomi, menjadi satu upaya untuk membangun kemandirian perempuan dan membuka akses bagi perempuan untuk berusaha," ucap Ketua TP-PKK Banggai Kepulauan Wahyunigsih, di Bangkep, Rabu.

Upaya mengasah keterampilan perempuan membuat produk bernilai ekonomi, dilaksanakan oleh TP-PKK bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bangkep, melalui pelatihan pembuatan suvenir yang melibatkan ibu rumah tangga di desa tersebut.

Wahyuningsih mengemukakan bahwa, perempuan, khususnya ibu rumah tangga, harus memiliki peran dalam meningkatkan ekonomi keluarga.

"PKK mencoba mengintervensi hal ini, dengan membangun keterampilan ibu rumah tangga membuat produk bernilai ekonomi," ujarnya.

Ia menyebut intervensi yang dilakukan oleh PKK di samping untuk menopang percepatan pembangunan ekonomi perempuan, juga untuk percepatan pengentasan kemiskinan daerah.

"Kemiskinan terjadi disebabkan oleh beragam faktor, salah satu faktor tersebut adalah terkait dengan akses dan keterampilan, hal ini erat dengan kemiskinan kultural dan struktural. Maka PKK mengintervensi dari aspek intelektual dan keterampilan," ujarnya.

Wahyuningsih meminta kepada kader PKK agar terlibat aktif serta mendukung terselenggaranya kegiatan PKK di semua jenjang mulai dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten.

"Pelatihan keterampilan pembuatan suvenir ini, juga menjadi satu upaya mendorong peran kader PKK untuk meningkatkan ekonomi kreatif dan keterampilan serta meningkatkan perekonomian masyarakat," sebutnya.

Ia juga berharap agar Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan menghidupkan industri kreatif untuk mengakomodir hasil kerajinan masyarakat yang bernilai ekonomis.

"Untuk mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat yang berdampak pada pengentasan kemiskinan, maka intervensi yang dilakukan harus dilaksanakan secara optimal di sektor hulu dan hilir," ujarnya.

Berkaitan dengan itu, Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir menyampaikan pemerintah daerah Banggai Kepulauan sedang menggiatkan gerakan PKK, salah satunya adalah peningkatan ekonomi kreatif yang sedang dilakukan.

Bupati berharap TP PKK Banggai Kepulauan di semua tingkatan dapat terlibat bersama-sama menyukseskan gerakan PKK, terutama TP PKK yang ada di desa.
Foto bersama Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir dengan pengurus TP-PKK Bangkep dan peserta dalam pelatihan pembuatan suvenir bagi perempuan di Desa Bakalan, Kecamatan Tinangkung. (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Bangkep)