Dinsos Sigi dan Sulteng bantu tingkatkan usaha warga melalui skema kube

id Dinas Sosial Sigi,Bantuan kube sigi,Ariyanto,Pemkab Sigi,Wabup Sigi,Samuel Pongi

Dinsos Sigi dan Sulteng bantu tingkatkan usaha warga melalui skema kube

Dinas Sosial Kabupaten Sigi menyalurkan bantuan kursi untuk kelompok usaha bersama. (ANTARA/HO-Dinas Sosial Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Dinas Sosial Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, membantu meningkatkan usaha warga di kabupaten itu melalui skema pemberdayaan kelompok usaha bersama (kube) guna menopang percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat.

"Pembangunan kesejahteraan masyarakat, kami intervensi melalui berbagai program salah satunya yaitu program pengembangan usaha bersama," ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sigi Arianto, di Sigi, Rabu.

Intervensi yang dilakukan oleh Dinas Sosial Sigi berupa pemberian bantuan usaha seperti bantuan penyewaan tenda terowongan untuk kelompok usaha bersama (kube) Mamud Berjaya, Desa Sopu, Kecamatan Nokilalaki, dan kube Vajar Baru, Desa Ranteleda, Kecamatan Palolo.

Bantuan penyewaan tenda terowongan juga diberikan kepada Kube Gloria di Desa Puroo dan Kube Bina Sejahtera di Desa Olu Kecamatan Lindu.

Dinsos juga menyalurkan bantuan penyewaan kursi plastik untuk dua kelompok usaha bersama Dispora I dan kube Dispora II, Desa Tanah Harapan Kecamatan Palolo.

Bantuan kursi dan tenda terowongan juga diberikan kepada kube Tunas Harapan Desa Maranatha, Kecamatan Sigi Kota.

Di samping bantuan tenda terowongan dan kursi, pihaknya juga menyalurkan bantuan, penyewaan peralatan masak untuk kube Maju Bersama, Desa Tanah Harapan Kecamatan Palolo, dan bantuan penyewaan peralatan perlengkapan prasmanan untuk kube Belo Singgani, Desa Pakuli, Kecamatan Gumbasa.

"Upaya ini dilakukan demi menopang percepatan pengentasan kemiskinan daerah," ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi mengemukakan bahwa pemulihan ekonomi warga merupakan satu prioritas yang dilakukan oleh pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan daerah.

"Pemulihan ekonomi dan percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat adalah prioritas utama," kata dia.

Samuel berharap masyarakat yang tergabung dalam kelompok usaha bersama dan telah menerima bantuan, agar memanfaatkan bantuan tersebut sebaik mungkin, untuk peningkatan ekonomi kelompok.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Sigi juga menjalankan program bunga kredit usaha rakyat (KUR) nol persen guna mendukung pengembangan usaha.

Ia mengemukakan bahwa berbagai strategi dilakukan dalam pengembangan ekonomi masyarakat, salah satunya mengalokasikan anggaran Rp1,9 miliar untuk menanggung bunga kredit program bunga KUR nol persen. Sebanyak 1.000 pelaku usaha mendapat manfaat dari program tersebut.
Dinas Sosial Kabupaten Sigi menyalurkan bantuan tenda terowongan untuk kelompok usaha bersama. (ANTARA/HO-Dinas Sosial Sigi)