Bupati Morut: Terima kasih anggota Linmas, peran anda sangat srategis dalam membangun Morut

id Morut

Bupati Morut: Terima kasih anggota Linmas, peran anda sangat srategis dalam membangun Morut

Bupati Morut Delis J. Hehi hadir pada acara penutupan pada Rabu sore dan memberikan sambutan serta pengarahan kepada para peserta pertemuan sekaligus Apel Gelar Pasukan Satgas Linmas dan Satlinmas se-Morowali Utara tersebut. ANTARA/HO-MCDD

Kolonodale, Sulteng (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja laksanakan Apel Gelar Satgas Linmas Kabupaten Morowali Utara, hari Rabu di Kolonodale, mengumpulkan 1.212 orang anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) dari seluruh desa di daerah ini.

Tujuan utama pertemuan akbar tersebut adalah memberikan pembekalan kepada seluruh anggota Satgas Linmas dan Satlinmas dalam menciptakan suasana kondusif, aman dan tertib seluruh wilayah Morut menghadapi penyelenggaraan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wapres pada 14 Februari 2024.

Pertemuan itu berlangsung sejak pagi hari dengan diisi pembekalan dari pejabat-pejabat terkait seperti Polres dan Kodim, Kepala Satpol PP, KPU dan Bawaslu.

Bupati Morowali Utara Delis J. Hehi hadir pada acara penutupan pada Rabu sore dan memberikan sambutan serta pengarahan kepada para peserta pertemuan sekaligus Apel Gelar Pasukan Satgas Linmas dan Satlinmas se-Morowali Utara tersebut.

"Terima kasih kepada seluruh anggota Linmas disemua atas peran serta kalian sehingga suasana Morut sampai saat ini masih tetap aman, tertib dan damai," ujar Delis yang memimpin Morut sejak 30 April 2021 itu.

Situasi yang kondusif ini merupakan penentu sehingga Morut yang memiliki visi dan misi menjadikan Morut sebagai daerah yang masayaratnya Sehat, Cerdas dan Sejahtera (SCS) itu bisa mencatat banyak prestasi yang membanggakan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Morut mencatat pertumbuhan ekonomi tertinggi kedua di Indonesia setelah Halmahera Tengah pada 2022. Morut juga sudah mencapai 106 persen cakupan layanan kesehatan BPJS (Universal Health Coverage), alias tertinggi di Sulteng. Angkat kemiskinan menurun, prevalensi stunting menurun, pengangguran menurun dan Kemendagri menilai dan memberi penghargaan kepada Pemkab Morut sebagai daerah dengan kinerja birokrasi terbaik di Sulteng," ujar Delis yang diambut tepuk tangan hadirin.

Bupati yang bergelar dokter dan doktor bidang manajemen rumah sakit itu mengingatkan jajaran Satgas Linmas soal tiga momen penting yang harus dikawal kemananannya dengan baik yakni perayaan Natal 2023, Tahun Baru 2024 dan Pileg/Pilpres Februari 2024.

"Sekecil apapun yang saudara-saudara lakukan untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan di desa masing-masing, itu adalah pengadian yang sangat besar dan strategis untuk Morut dan Indonesia pada umumnya," ujar ayah tiga orang anak itu.

Pada kesempatan itu, Bupati Delis juga memerintahkan kepada Kasatpol PP dan Linmas Morut Buharman Lambulu agar tahun 2024, menganggarkan pengadaan seragam (uniform) baru bagi semua anggota Linmas.

"Saya lihat ini pakean seragam anggota Linmas sudah beda-beda warnanya, karena banyak yang sudah tua. Tahun depan kita ganti baru supaya seragam dan semangat. Biar sudah ompong, yang penting seragamnya gagah," ujar Delis lagi dengan disambut tepuk tangan hadirin.

Sebelumnya gelaran ini dibuka oleg Sekretaris Daerah Morut Ir. Musda Guntur MM, acara ini diwarnai dengan pengucapan sumpah/Janji anggota Satuan Perlindungan Masyarakat dan penandatanganan Berita Acara Pengukuhan Satgas Linmas.