Polresta Palu kerahkan sebanyak 300 personel amankan malam takbiran

id Polresta Palu,Pengamanan Malam takbiran ,Kota Palu ,Sulawesi Tengah

Polresta Palu kerahkan sebanyak 300 personel amankan malam takbiran

Kapolresta Palu Kombes Pol. Barliansyah memimpin apel pasukan pengamanan Hari Raya Idul Fitri di Mapolresta Palu, Palu, Selasa (9/4/2024). (ANTARA/HO-Humas Polresta Palu)

Palu (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Palu, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) mengerahkan sebanyak 300 personel untuk mengamankan malam takbiran dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di seputar wilayah hukum Polresta Palu.

Kapolresta Palu Kombes Polisi Barliansyah di Palu, Selasa, mengatakan bahwa 300 personel tersebut disiagakan untuk melakukan pengamanan kegiatan-kegiatan masyarakat.

"Kegiatan pengamanan tersebut bertujuan untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat (kamtibmas) saat berkumpul dalam menyambut perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah," katanya.

Ia mengatakan langkah pengamanan dilakukan dengan memperketat pengawasan dan patroli di sejumlah titik strategis di Kota Palu, di antaranya pusat keramaian, pusat perbelanjaan yakni Pasar Lentora Kota Palu, maupun swalayan.

Selain itu, personel kepolisian juga melakukan pengecekan terhadap kendaraan yang masuk dan keluar dari wilayah hukum Polresta Palu guna mencegah potensi ancaman keamanan.

Pengamanan ini, kata dia, merupakan bagian dari pengamanan Operasi Ketupat Tinombala 2024. Polresta Palu juga telah menyiapkan enam pos pengamanan, tiga pos pelayanan serta dua pos terpadu untuk memantau aktivitas masyarakat selama arus mudik Lebaran 2024.

Ia mengatakan operasi ini untuk menjamin rasa aman bagi umat Islam dalam melaksanakan Hari Raya Idul Fitri, serta mencegah terjadinya potensi kejahatan.

Karena itu, Barliansyah berharap upaya ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam menyambut perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Dengan adanya langkah pengamanan yang ketat ini, diharapkan masyarakat dapat merayakan malam takbiran dengan aman dan tentram," katanya lagi.

Ia menambahkan bahwa Polresta Palu bersama Polda Sulteng siap bertindak cepat dan tanggap dalam menghadapi potensi gangguan keamanan demi menjaga ketentraman seluruh warga Kota Palu.