Kemenkumham: Gernas BBI-BBWI tingkatkan UMKM masuk ekosistem digital

id Kanwil Kemenkumham Sulteng ,Gernas BBI-BBWI ,KSST,Sulteng Expo ,Sulawesi Tengah

Kemenkumham: Gernas BBI-BBWI tingkatkan UMKM masuk ekosistem digital

Seorang penenun melakukan tenun kain sarung Donggala di stan Wastra pada pelaksanaan KSST yang merupakan puncak kampanye Gernas BBI-BBWI di Sulteng 2024 yang dirangkaikan dengan Sulteng Expo di Palu, Jumat (26/4/2024). (ANTARA/Nur Amalia Amir)

Palu (ANTARA) - Kepala Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah Hermansyah Siregar mengatakan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBI-BBWI) untuk meningkatkan jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) onboarding atau masuk ke dalam ekosistem digital.
 


"Penyelenggaraan Gernas BBI-BBWI merupakan tindak lanjut arahan Bapak Presiden yang menargetkan 30 juta UMKM onboarding ke dalam ekosistem digital hingga tahun 2024," kata Siregar pada pelaksanaan pameran Sulteng Expo 2024 di Palu, Jumat.


 


Siregar menjelaskan bahwa saat ini, UMKM onboarding ke dalam ekosistem digital telah sebanyak 25 juta, dan masih memiliki tantangan untuk memenuhi target tersebut sebanyak 5 juta UMKM.


 


Gernas BBI-BBWI, kata dia, merupakan gerakan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk-produk buatan dalam negeri dan membangkitkan UMKM, serta mengajak masyarakat untuk berwisata di Indonesia, khususnya di Provinsi Sulteng


 


Karena itu, melalui puncak kampanye Gernas BBI-BBWI dengan tajuk Karya Kreatif Sulawesi Tengah (KKST) 2024 yang dirangkaikan dengan Sulteng Expo, menjadi momentum untuk menunjukkan bahwa daerah ini kaya akan budaya, sumber daya alam, termasuk potensi ekonomi yang belum tergali sepenuhnya.


 


Ia mengatakan seluruh potensi dan produk unggulan daerah Provinsi Sulawesi Tengah tersebut dapat dikelola untuk memperoleh nilai ekonomi, baik secara langsung maupun sebagai pendukung.


 


"Kami berharap dalam periode penyelenggaraan Gernas BBI-BBWI di Sulteng dapat meningkatkan jumlah UMKM onboarding ke dalam ekosistem digital sehingga target tersebut dapat terpenuhi," katanya.


 


Menurut Siregar, Kanwil Kemenkumham Sulteng sebagai Campaign Manager Gernas BBI-BBWI tahun 2024, terus berupaya mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi dalam memasarkan produk mereka melalui platform pemasaran secara digital atau marketplace.


 


Berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan UKM Sulteng, terdapat 390.644 di Sulawesi tengah yang tersebar di 13 kabupaten/kota. Dari jumlah tersebut, terdapat 172 UMKM yang berhasil dikurasi untuk mengikuti program onboarding di marketplace pada Gernas BBI-BBWI tahun 2023. 


 


Sementara itu, KKST merupakan bentuk kolaborasi Bank Indonesia, Kanwil Kemenkumham Sulteng dan Pemerintah Provinsi Setempat dalam memberdayakan UMKM agar mandiri secara finansial.


 


KKST digelar pada 25-28 April 2024 masuk dalam kegiatan Sulteng Expo dengan melibatkan kurang lebih 150 pelaku UMKM.