Brida Sulteng evaluasi pemberian bantuan penurunan stunting di Sigi

id Brida Sulteng ,Bantuan stunting ,Penurunan stunting ,Stunting di kabupaten Sigi,Sulawesi Tengah

Brida Sulteng evaluasi pemberian bantuan penurunan stunting di Sigi

Brida Sulteng dan Jasa Raharja Provinsi Sulteng kolaborasi dalam memberikan bantuan di Desa Simoro, Sigi. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng)

Palu, Sulteng (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Sulawesi Tengah melakukan evaluasi pemberian bantuan dalam percepatan penurunan kasus stunting di Kabupaten Sigi.
 
Kepala Brida Sulteng Faridah Lamarauna di Palu, Kamis, mengatakan Sulawesi Tengah (Sulteng) merupakan salah satu provinsi yang memiliki kasus stunting yang tinggi berada di atas rata-rata nasional.
 
"Pemberian bantuan dalam penanganan stunting ini sudah banyak dilakukan berbagai pihak, namun tidak memberikan dampak positif serta tidak adanya penurunan bahkan mengalami peningkatan pada kasus tersebut," katanya.
 
Untuk itu, kata Faridah, dengan adanya regulasi yang dibuat oleh Gubernur Sulawesi Tengah yang melibatkan seluruh perangkat daerah dalam penanganan stunting, diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat di Kabupaten Sigi, khususnya Desa Simoro.
 
Penanganan stunting di Kabupaten Sigi merupakan regulasi yang dikeluarkan oleh Gubernur Sulawesi Tengah dengan melibatkan seluruh perangkat daerah serta seluruh pemangku kepentingan.
 
Dalam hal ini, Brida Provinsi Sulawesi Tengah berkolaborasi dengan Jasa Raharja dan Universitas Tadulako dalam penanganan stunting di Desa Simoro dan Desa Tuva.
 
"Dilihat dari data terbaru risiko stunting Desa Simoro, dari empat anak yang berisiko, saat ini sudah menurun menjadi dua anak. Penurunan juga terjadi pada kasus ibu hamil yang berisiko kekurangan energi kronik (KEK) setelah melibatkan intervensi dari kolaborasi perangkat daerah dan stakeholder," ujarnya.
 
Ia berharap bantuan yang diberikan oleh pihak lain dapat mengadopsi yang telah dilakukan Brida Sulteng, Jasa Raharja dan Universitas Tadulako, sehingga bantuan yang diberikan dapat menurunkan angka stunting di Kabupaten Sigi secara signifikan.
 
Sementara itu, Kepala Jasa Raharja Provinsi Sulteng Teguh Aprianto menuturkan pihaknya memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan atau CSR.
 
Melalui program tersebut, kata Teguh, Jasa Raharja berkolaborasi dengan Brida Provinsi Sulteng dan Untad untuk bisa memberikan manfaat terkait dengan penurunan Stunting terkhusus di Desa Simoro.
 
“Harapannya dengan adanya bantuan dan juga pendampingan yang telah diberikan dapat menurunkan tingkat stunting di desa ini," ujarnya.

Berdasarkan data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2023, Kabupaten Sigi menjadi wilayah di Sulteng dengan angka stunting masih tinggi yakni 36,8 persen. Sementara prevalensi stunting Sulteng di angka 27,2 persen.