Lapas Perempuan Palu fasilitasi anak bawaan warga binaan terima Imunisasi

id Lapas perempuan palu

Lapas Perempuan Palu fasilitasi anak bawaan warga binaan terima Imunisasi

Dokumentasi : (Humas Lapas Perempuan Palu)

Sigi (ANTARA) - Sebagai bentuk upaya mendukung program Pemerintah dalam mencegah penyebaran Virus Polio melalui Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahun 2024, Lapas Perempuan Kelas III Palu (LPP Palu) bekerjasama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Dolo Kab. Sigi memfasilitasi Anak Bawaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terima imunisasi polio, Senin.

Kepala Lapas (Kalapas) Perempuan Kelas III Palu, Nur Mustafidah mengatakan pentingnya pemberian imunisasi ini dalam mendukung tumbuh dan kembang anak.

“Baru saja telah selesai dilaksanakan pemberian vaksin polio kepada anak bawaan warga binaan, kegiatan ini jelas sangat penting dalam menjaga tumbuh kembang anak dengan baik, tentunya kami tidak ingin anak-anak disini tertinggal dalam memperoleh hak Kesehatan, kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung program imunisasi ini,” ujar Kalapas.

Senada dengan hal tersebut, Ira, salah satu Petugas Puskesmas Dolo menuturkan imunisasi ini punya peran penting lainnya dalam membentuk kekebalan tubuh anak terhadap sejumlah penyakit menular.

“Vaksin yang diberikan ini mampu merangsang tubuh untuk kemudian membentuk antibodi yang berguna melawan berbagai penyakit pada anak, untuk itu kami menghimbau kepada orang tua agar dapat mengikutkan anaknya pada Puskesmas terdekat maupun fasilitas layanan Kesehatan yang telah ditentukan,” jelasnya.

Lebih lanjut, kegiatan yang terpusat di Klinik Lapas Perempuan Palu tersebut diikuti oleh 8 orang anak dengan rincian 4 (Empat) orang anak bawaan Warga Binaan dan 4 (Empat) orang anak lainnya dari pegawai, dimana masing-masing anak memperoleh 2 (Dua) tetes vaksin polio.

Ditempat berbeda, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar turut mengapresiasi pelaksanaan kegiatan imunisasi ini, ia berharap jajaran Lapas dan Rutan terus berupaya dalam pemenuhan hak seluruh Warga Binaan termasuk anak  bawaan.