Empat bapaslon cakada Donggala jalankan tes kesehatan di RSUD Undata

id Kpu Donggala ,Sulawesi Tengah ,Kabupaten Donggala ,Pemeriksaan kesehatan,Pilkada

Empat bapaslon cakada Donggala jalankan tes kesehatan di RSUD Undata

Ketua KPU Kabupaten Donggala Nurbia bersama staf sekretariat Komisi Pemilihan Umum setempat usai mengantar bapaslon bupati dan wabup Donggala melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Undata, Jumat (30/8/2024). ANTARA/MOH SALAM

Palu (ANTARA) - Empat bakal pasangan calon (bapaslon) kepala daerah yaitu bupati dan wakil bupati Kabupaten Donggala mulai menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata, Kota Palu, Sulawesi Tengah. 
 


Ketua KPU Kabupaten Donggala Nurbia di Palu, Jumat, mengatakan pemeriksaan kesehatan itu merupakan salah satu tahapan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.


 


"Sesuai jadwal KPU Kabupaten Donggala untuk pemeriksaan kesehatan hari ini yang diikuti empat bapaslon bupati dan wabup Donggala," kata Nurbia.


 


Ia menuturkan pemeriksaan kesehatan dimulai pukul 08.00 Wita dengan dilakukan pemeriksaan fisik dan rohani.


 


"Empat bapaslon yang lakukan pemeriksaan kesehatan hari ini yaitu Rahmad M Arsyad dan Abd Rasyid, Moh Yasin dan Syafiah, Widya Kastrena dan Arwin, serta Idham Pagaluma dan Abdul Aziz Daming," ucapnya. 


 


Kata dia, bapaslon Idham Pagaluma dan Abdul Aziz Daming pemeriksaan kesehatannya dilanjutkan pada keesokan harinya.


 


Sementara itu satu bapaslon lainnya yaitu Vera Elena Laruni dan Taufik M Burhan belum melakukan pemeriksaan kesehatan disebabkan adanya kendala dari yang bersangkutan.


 


"Berdasarkan laporan panitia ada empat paslon yang melakukan pemeriksaan kesehatan dan satu paslon lainnya berhalangan untuk hadir," ujarnya.


 


Ia mengemukakan nantinya pasangan Vera Elena Laruni dan Taufik M Burhan menyurat ke pihak rumah sakit untuk dilakukan penjadwalan kembali guna pemeriksaan kesehatan. 


 


"Mekanismenya harus menyurat ke rumah sakit untuk perubahan jadwal dan itu ditembuskan ke KPU suratnya," tuturnya. 


 


Diketahui pemeriksaan kesehatan bapaslon bupati-wabup pada Pilkada serentak berakhir tanggal 2 September 2024 mendatang.


 


"Untuk jadwal pemeriksaan kesehatan itu bukan KPU Donggala yang mengatur tapi dari pihak rumah sakit yang menentukan jadwalnya," kata dia.


 


Sementara itu Direktur RSUD Undata dr. Herry Mulyadi mengatakan pihaknya melayani calon bupati dan wakil bupati dari delapan kabupaten di Sulteng dan calon gubernur dan wakil gubernur pada untuk pemeriksaan kesehatan Pilkada Serentak 2024.


 


"Ada 13 dokter spesialis yang melakukan pemeriksaan kesehatan ini," sebut Herry Mulyadi. 


 


Kata dia, pemeriksaan kesehatan itu terdiri dari pemeriksaan fisik dan rohani. 


 


"Untuk fisik seperti treadmil, pemeriksaan rontgen radiologi, periksa dalam, telinga, dan mata serta pemeriksaan rohani seperti psikotes," tuturnya.