Bawaslu Sigi libatkan mahasiswa untuk pendidikan politik di masyarakat

id Bawaslu Sigi ,Badan Pengawas Pemilihan Umum ,Sulawesi Tengah ,Kampus ,UIN Datokarama

Bawaslu Sigi libatkan mahasiswa untuk pendidikan politik di masyarakat

Anggota Bawaslu Sigi Hisbullah Al Barzanji saat mengikuti kegiatan Bawaslu goes to kampus di Kampus UIN Datokarama Palu di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sabtu (7/9/2024). ANTARA/MOH SALAM

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, melibatkan para mahasiswa di Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu untuk menjadi perpanjangan tangan melakukan pendidikan politik di tengah masyarakat. 
 


"Kami melibatkan kampus karena tentunya kampus ini menjadi lembaga independen dan bertanggung jawab juga terhadap suksesnya Pilkada Serentak tahun 2024, notabene kampus memiliki mahasiswa yang pemilih aktif," kata Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Humas dan Parmas Bawaslu Sigi Hisbullah Al Barzanji saat membuka kegiatan Kick off Bawaslu Ngampus di Pombewe, Sabtu.


 


Ia mengemukakan salah satu peran penting mahasiswa yaitu untuk menyampaikan informasi kepada rekan dan masyarakat untuk menyukseskan pemilihan kepala daerah khususnya di Kabupaten Sigi.


 


"Tentunya kami ini meningkatkan peran partisipasi mahasiswa dalam pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024," ucapnya. 


 


Kata dia, mahasiswa sebagai salah satu objek penting dan strategis disebabkan peran mahasiswa dan kampus yang memiliki pemilih aktif pada Pilkada 2024 mendatang. 


 


"Apalagi mahasiswa ini usia wajib memilih cukup besar sehingga mereka menjadi objek penting dan strategis Badan Pengawas Pemilihan Umum, selain itu mereka mampu melakukan penyuluhan dan pendidikan untuk membantu kami guna menyosialisasikan terkait bagaimana agar pilkada berlangsung adil, jujur dan transparan," ujarnya.


 


Ia menjelaskan saat ini Badan Pengawas Pemilihan Umum lebih mengedepankan upaya pencegahan daripada penindakan pelanggaran. 


 


"Saat ini kami mengedepankan pencegahan daripada penanganan pelanggaran, tentunya kami melakukan penanganan pelanggaran dan sebisa mungkin melakukan pencegahan agar tidak terjadi pelanggaran-pelanggaran dalam proses Pilkada 2024," jelasnya.


 


Hisbullah berharap mahasiswa di UIN Datokarama Palu dapat memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat tentang pendidikan politik.


 


"Harapannya teman-teman mahasiswa ini saat bertemu dengan masyarakat dapat memberikan tanggapan positif dalam memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat, Paling tidak para mahasiswa ini dapat memberikan pendidikan politik kepada keluarganya masing-masing," tuturnya.