PLN upayakan lindu dialiri listrik Juli 2018

id PLN, Listrik, Lindu, Sigi

PLN upayakan lindu dialiri listrik Juli 2018

PLN (antaranews)

Kita optimistis sebelum akhir Juli mendatang, listrik di empat desa di Kecamatan Lindu sudah bisa menyala," kata Recky.
Sigi, (Antaranewssulteng) - PT PLN Area Palu, Sulawesi Tengah mengupayakan Kecamatan Lindu di Kabupaten Sigi sudah dialiri listrik pada Juli 2018.

"Ini sesuai dengan waktu yang ditargetkan," kata Manajer Unit Pelaksanaan Pembangunan Ketenagalistrikan PLN Area Palu, Recky pada Jumat.

Ia mengatakan sudah sebagian jaringan listrik terpasang, khususnya dari Desa Puro`o sampai Desa Anca di Kecamatan Lindu.

Sementara dari Desa Sadaunta sampai ujung Desa Puro`o, tiang sudah ditanam dan kini tinggal penarikan jaringan listrik.

"Kita optimistis sebelum akhir Juli mendatang, listrik di empat desa di Kecamatan Lindu sudah bisa menyala," kata dia.

Empat desa di Lindu yang dalam waktu dekat sudah akan menikmati listrik dari PLN adalah Desa Puro`o, Desa Langko, Desa Tomado dan Desa Anca.

Sementara satu desa lagi yakni Desa Olu, belum, tetapi tetap mendapat prioritas, sebab seluruh Kecamatan Lindu dipastikan mendapatkan penerangan listrik PLN.

Desa Olu, katanya berada di seberang Danau Lindu. Selama ini desa itu hanya diterangi pada malam hari dengan listrik tenaga surya.

"Tapi kapasitasnya sangat terbatas sekali," ujar Recky.

Lindu merupakan salah satu dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Sigi yang selama bertahun-tahun sangat mendambahkan adanya penerangan listrik PLN.

Untuk menuju kecamatan tersebut, harus melalui pintu masuk Kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) di Desa Sadaunta, Kecamatan Kulawi.

Di Kecamatan Lindu terdapat destinasi wisata menarik yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Karena selain Danau Lindu yang memiliki keindahan karena dikelilingi hutan, juga terdapat banyak jenis satwa, termasuk endemik seperti kera hitam,anoa, babi rusa, tangkasi, tarsius dan berbagai jenis burung yang dilindungi.

Sebelumnya, jalan menuju wilayah itu hanya bisa ditempuh menggunakan kendaraan sepeda motor. Tetapi sekarang ini pemerintah telah membangun jalan semi memadai sehingga bisa dilewati kendaraan roda empat (mobil).

Dengan adanya prasana jalan mobil dan penerangan listrik PLN,niscaya semakin banyak wisatawan yang datang dan juga perekonomian masyarakat di semua desa di Kecamatan Lindu semakin meningkat.