FBI Sulteng komitmen bangun bumdes berkualitas

id bumdes

FBI Sulteng komitmen bangun bumdes berkualitas

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo (kiri) berbincang dengan Bupati Sigi Irwan Lapata (kedua dari kiri) dan Wakil Bupati Sigi Paulina (kanan) usai peresmian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ke-104 di kabupaten tersebut di Desa Kaluku Bula, Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (18/2). (ANTARAFOTO/Basri Marzuki)

Palu, (Antaranews Sulteng) - Forum Badan Usaha Milik Desa Indonesia (FBI) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) berkomitmen membangun Bumdes yang berkulitas di daerah tersebut, sehingga dapat mendukung pembangunan daerah.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) untuk komitmen tersebut," kata Ketua FBI Sulteng, Anjani di Palu, Senin.

Anjani menjelaskan beberapa poin hasil pertemuan tersebut diantaranya mempercepat pembentukan dan pengukuhan pengurus di Sulteng, sehingga kerjasama dengan instansi teknis untuk program strategis pengembangan Bumdes, dapat segera dilaksanakan.

Pihak DPMD, kata Anjadi, juga mengusulkan untuk melakukan pembinaan satu Bumdes di setiap kabupaten, sebagai percontohan, agar dapat memotivasi Bumdes yang lain menjadi lebih baik.

Baca juga: Bupati: Semua Desa Di Sigi Miliki Bumdes

"Diagendakan juga bertemua Bapak Gubernur Sulteng, untuk membicarakan rencana program strategis, agar ada keselarasan dari pemerintah provinsi hingga ke pemerintah desa," jelas Anjani.

Dalam pertemuan bersama Kadis PMD Rusdi Rioh tersebut, FBI Sulteng juga melaporkan hasil Musyawarah Nasional (Munas) di Padang, Provinsi Sumatera Barat, 27-28 Agustus 2018.

Dalam Munas tersebut, sejumlah kegiatan dilaksanakan di antaranya identifikasi masalah Bumdes, hingga stimulasi berbagi informasi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan kemajuan dan perkembangan Bumdes di seluruh Indonesia.

Kagiatan lain yakni mempertemukan semua pengambil kebijakan yang berperan dalam pengelolaan dan pengembangan Bumdes. Forum Bumdes Indonesia adalah lembaga mitra pemerintah dibawah koordinasi Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

"Kami berharap FBI Sulteng dan instansi teknis dapat bekerjasama dan memberikan konstribusi nyata bagi masyarakat di Sulteng, melalui peningkatan dan pengembangan Bumdes yang pada akhirnya dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," harap Anjani.