Maestro Ozawa Tampil Lagi Agustus Usai Sakit

id Seiji Ozawa, maestro, konduktor, jepang

Maestro Ozawa Tampil Lagi Agustus Usai Sakit

Seiji Ozawa (reuters)

Tokyo (antarasulteng.com) - Seiji Ozawa, konduktor paling terkenal di Jepang, dijadwalkan akan untuk tampil kembali pada  Agustus di satu festival musik setelah lebih dari setahun absen untuk memulihkan kesehatannya yang memburuk termasuk serangan pneumonia.
        
Mantan direktur musik Vienna State Opera kini berusia 77 tahun, dan sebelumnya adalah konduktor dari Boston Symphony Orchestra, didiagnosis menderita kanker esofagus pada Januari 2010 dan selesai pengobatannya pada akhir tahun itu.
        
Maret lalu, ia mengumumkan akan beristirahat selama setahun untuk memulihkan kekuatannya setelah beberapa masalah kesehatan, namun berjanji masih akan tampil kembali ke dunia pertunjukan.
        
Ozawa dijadwalkan akan tampil sebagai konduktor pada opera Maurice Ravel "The Child and the Spells" di Saito Kinen Festival, di kota Matsumoto, Jepang tengah, pada akhir Agustus, kata seorang pejabat di kantor festival.
         
"Maestro Ozawa mengatakan pada Maret lalu bahwa ia absen selama setahun, dan itu hampir selesai," kata pejabat itu, dan mencatat bahwa
sulit untuk mengetahui apakah kinerjanya benar-benar akan menandai "comeback" Ozawa sejak ia terlalu lama tidak muncul di dunia pertunjukan.
         
"Kebetulan ini bertepatan dengan pengumuman program festival. Dia mungkin memiliki rencana untuk pertunjukan lainnya sebelum itu, tetapi kita tidak tahu tentang itu."
    
Ozawa menjalani operasi endoskopi pada Januari 2011 dan mengambil istirahat selama enam bulan dari melakukan kegiatan seninya. (Ant/Rtr)