Agus Prayogo raih emas pada Kejurnas Atletik

id Agus Prayogo,kejurnas atletik,lari 5000m

Agus Prayogo raih emas pada  Kejurnas Atletik

Sejumlah pelari beradu cepat dalam nomor lari 5.000 meter putra Kejurnas Atletik 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Kamis (1/8/2019). Agus Prayogo asal Jabar berhasil menempati urutan pertama, urutan dua direbut Robi Syianturi asal Bangka Belitung dan posisi ketiga diraih Ridwan asal NTB. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.

Jakarta (ANTARA) - Pelari nasional asal Jawa Barat Agus Prayogo mengamankan satu medali emas pada nomor 5.000 meter dalam Kejuaraan Nasional Atletik U18, U20 dan Senior 2019, di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, Kamis.

Agus berhasil mencatatkan waktu 14 menit 31,69 detik, diikuti Robi Syianturi asal Bangka Belitung 14 menit 33,94 detik, dan Ridwan asal NTB di tempat ketiga dengan catatan waktu 15 menit 00,21 detik.

Agus mengatakan catatan waktu tersebut di luar dugaannya, karena dalam beberapa bulan terakhir, pencapaiannya di nomor 5.000 meter kurang begitu memuaskan.

"Sebetulnya bukan waktu terbaik saya. Maksudnya dengan raihan tadi di luar dugaan. Waktu terbaik dalam empat tahun terakhir," kata Agus.

Agus sendiri masih memegang rekor nasional saat di Asian Games 2010 Guangzhou, China, dengan catatan waktu 14 menit 04,29 detik.

Disinggung apakah akan mengejar rekor yang ia pegang, Agus mengaku Kejurnas ini hanya akan dimaksimalkan untuk persiapan SEA Games. Terlebih saat try out Agus fokus berlatih pada nomor half marathon.

"Kejurnas ini tidak  target ke sana karena kemarin fokus di half marathon. Pecapaian pagi ini hanya di luar dugaan," kata dia.

Menurut dia, Kejurnas ini akan dijadikan sebagai tolok ukur dan persiapan menuju SEA Games di Manila, Filipina, pada Desember 2019 serta PON XX tahun depan di Papua.

"Yang pasti jangka pendek saya siap menghadapi SEA Games Desember dan jangka panjang PON. Dengan pencapaian pagi ini bisa memotivasi saya untuk terus berlatih dan ini sebagai ajang batu loncatan menuju SEA Games," katanya.