Perintah darurat dikeluarkan lembaga di AS percepat bantuan

id FMCSA, corona, amerika serikat

Perintah darurat dikeluarkan lembaga di AS percepat bantuan

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kanan) didampingi Wakil Presiden Mike Pence mengumumkan keadaan darurat nasional pandemik virus Corona (COVID-19) di Rose Garden, Kompleks Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, Jumat (13/3/2020). Presiden Donald Trump mengumumkan keadaan darurat nasional di Amerika Serikat untuk membuka pintu bagi lebih banyak bantuan pemerintah guna memerangi virus patogen yang telah menginfeksi lebih dari 138. ribu orang di seluruh dunia dan menewaskan lebih dari lima ribu orang. ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst/wsj.

Washington (ANTARA) - Lembaga yang mengurusi keselamatan pengiriman barang Federal Motor Amerika Serikat (FMCSA) mengatakan pada Jumat bahwa pihaknya mengeluarkan perintah darurat untuk mengesampingkan persyaratan jam kerja layanan bagi supir kendaraan komersial yang mengangkut bantuan darurat terkait virus corona.

Badan Departemen Transportasi AS itu mengatakan perintah itu meliputi pengiriman persediaan dan peralatan medis terkait dengan pengujian, diagnosis dan perawatan corona, makanan untuk pencadangan kembali pada gudang-gudang untuk keperluan darurat, dan peralatan serta perlengkapan seperti masker, sarung tangan, pencuci tangan, sabun dan disinfektan.

Perintah itu menandai saat pertama badan tersebut mengeluarkan perintah nasional dan memerintahkan bahwa setelah pengiriman selesai, para supir harus memperoleh izin batas jam kerja.

Sebelumnya perintah-perintah secara rutin dikeluarkan untuk menangani bencana alam atau kondisi darurat regional lain seperti kebakaran hutan, angin topan, badai musim dingin tapi tak mencakup seluruh AS, kata departemen itu.

Perintah itu juga mencakup pengiriman peralatan, persediaan barang dan orang-orang yang diperlukan untuk pendirian dan pengurusan perumahan sementara dan fasilitas karantina dan pengangkutan orang-orang yang ditunjuk oleh pihak berwenang untuk keperluan medis, isolasi dan karantina serta personel untuk pelayanan medis dan darurat.

"Pengumuman ini akan membantu supir-supir komersial Amerika untuk mengangkut barang-barang yang sangat dibutuhkan ini ke wilayah yang terdampak (corona) dengan lebih cepat dan efisien," kata penjabat administrator FMCSA Jim Mullen dalam satu pernyataan.

Perintah itu habis masa berlakunya pada 12 April.

Reuters