COVID-19 kini menginfeksi 70 warga Sulteng, tertinggi di Buol

id Pasigala a,Pasigala ,Sulteng ,Antara ,Sandi

COVID-19 kini menginfeksi 70 warga Sulteng,  tertinggi di Buol

Petugas menyemprotkan air kepada pengemudi becak yang tidak menggunakan masker di Pasar Inpres Manonda, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (4/5/2020). Penertiban penggunaan masker tersebut untuk memberikan efek jera kepada warga yang tidak menggunakan masker saat berada di luar rumah dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/wsj.

Palu (ANTARA) - Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Provinsi Sulteng, Selasa, mencatat 70 warga yang tersebar di sejumlah kabupaten dan kota terinfeksi virus corona setelah ada tambahan 11 orang positif COVID-19 berdasarkan hasil tes swab.

Juru Bicara Pusdatina COVID-19 Provinsi Sulteng Muhammad Haris Kariming di Palu, Selasa, menyatakan 11 orang kasus baru tersebut terdiri atas 10 orang warga Kabupaten Buol dan seorang warga Tolitoli.

"Ke-10 orang positif di Buol itu dirawat di Rusunawa (Rumah Susun Sederhana Sewa) Pemerintah Kabupaten Buol, dan 1 orang dirawat di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Mokopido Tolitoli," ujarnya.

Haris menyatakan Kabupaten Buol menjadi daerah dengan jumlah warga terbanyak terifeksi positif COVID-19 yaitu total 29 orang.

"Warga di Kabupaten Donggala, Parigi Moutong, Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut tidak ada yang terinfeksi positif," ujarnya.

Sementara warga berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) COVID-19, lanjutnya, kini 154 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 41 orang.

Ia mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi mendukung tim surveilans malacak dan menulusuri orang-orang yang pernah melakukan kontak langsung dengan para pasien COVID-19 dalam rangka memutus mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19 di seluruh kabupaten dan kota Sulteng.