Mercedes siap hadapi musim F1 dengan penuh tantangan terdampak pandemi

id mercedes,toto wolff,formula1,f1,olahraga terdampak corona

Mercedes siap hadapi musim F1 dengan penuh tantangan terdampak pandemi

Pebalap tim Mercedes Valtteri Bottas di sesi latihan bebas Grand Prix Inggris, Sirkuit Silverstone (12/7/2019) Reuters/John Sibley (REUTERS/JOHN SIBLEY)

Jakarta (ANTARA) - Juara bertahan konstruktor Formula 1, Mercedes, menyatakan siap menghadapi musim baru 2020 yang bakal penuh tantangan lantaran terdampak pandemi COVID-19 dan membuat jadwal padat serta memberatkan bagi seluruh tim peserta.

Hal itu dinyatakan oleh bos Mercedes, Toto Wolff, selepas timnya kembali melahap aspal untuk pertama kalinya sejak Februari di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada Selasa waktu setempat.

Sesi latihan yang diikuti Valtteri Bottas dengan praktik jaga jarak itu berfungsi sebagai rangkaian ajang pemanasan jelang balapan pembuka musim F1 2020 di GP Austria pada 5 Juli.

Wolff menegaskan bahwa setiap orang di markas Mercedes di Brackley & Brixworth sangat bersemangat untuk segera berkompetisi lagi dalam ajang balap roda empat paling bergengsi sejagat itu.

"Setidaknya kami tahu bakal kembali membalap dalam beberapa bulan ke depan," kata Wolff sebagaimana dilansir Sky Sports, Selasa malam.

"Ini sebuah tantangan. Kami semua menyadarinya, tapi kami berutang kepada para penggemar untuk menyajikan balapan dan memberikan tontonan yang menawan... Jelas ini berat bagi kami, melahap tiga balapan pembuka musim, tak bisa pulang ke rumah, tapi ini semua kondisi spesial," ujarnya menambahkan.

F1 sejauh ini sudah meluncurkan kalender balap musim 2020 dengan delapan seri dalam 10 pekan, yang seluruhnya bakal digelar tanpa penonton serta didampingi pedoman kesehatan ketat demi mencegah persebaran pandemi.

Menyusul Bottas, juara dunia Lewis Hamilton dijadwalkan turun mengaspal juga di Silverstone pada Rabu waktu setempat.