Menko PMK sebut Indonesia siap selenggarakan forum internasional GPDRR

id Muhadjir effendy, presiden jokowi,Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR)

Menko PMK sebut Indonesia siap selenggarakan forum internasional GPDRR

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. (HO/Kemenko PMK)

Saya kira kita juga sebagai tuan rumah punya banyak pengalaman untuk jadi tuan rumah berbagai konferensi internasional
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan Indonesia siap menyelenggarakan forum internasional Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR), yang merupakan forum PBB untuk mendiskusikan perkembangan penanganan kebencanaan di Bali tahun 2022.

"Saya kira kita juga sebagai tuan rumah punya banyak pengalaman untuk jadi tuan rumah berbagai konferensi internasional," ujar Muhadjir Effendy dalam konferensi pers virtual seusai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden di Jakarta, Kamis.

Muhadjir menyampaikan pemerintah akan mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan dan masalah yang harus segera diurai agar penyelenggaraan forum dua tahunan yang akan dihadiri perwakilan 193 negara itu betul-betul berjalan dengan baik.

Menurut Muhadjir, dalam rapat terbatas (ratas), Presiden menyampaikan arahannya agar momentum penyelenggaraan forum tersebut digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan nasional, termasuk untuk menunjukkan, mempromosikan, serta menjelaskan tentang praktik-praktik yang dilakukan Indonesia dalam menangani masalah kebencanaan, baik bencana alam maupun non-alam.

"Presiden meminta supaya disiapkan sebaik-baiknya. Selain itu, kita akan memanfaatkan momentum ini untuk menjadi bagian dari rangkaian upaya kita melakukan pemulihan ekonomi," jelasnya.