Jokowi beri perhatian khusus mantan presiden hadir di HUT Ke-79 RI

id Presiden Jokowi, HUT Ke-79 RI, IKN, Muhadjir Effendy, Menko PMK

Jokowi beri perhatian khusus mantan presiden hadir di HUT Ke-79 RI

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi saat menyampaikan keterangan terkait hasil rapat persiapan HUT Ke-79 RI di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (10/6/2024). (ANTARA/Andi Firdaus)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perhatian khusus untuk menghadirkan para mantan presiden dan wakil presiden di agenda Upacara HUT Ke-79 RI yang akan berlangsung di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi usai menghadiri rapat terbatas persiapan HUT Ke-79 RI di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

"Itu tadi masih diusulkan. Pak Presiden merekomendasikan pokoknya diberikan perhatian khusus para tokoh," katanya menanggapi tamu undangan dari kalangan mantan presiden dan wakil presiden.

Sementara itu, di lokasi yang sama, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi memastikan seluruh mantan presiden dan wakil presiden akan diundang hadir pada Upacara HUT Ke-79 RI.

"Iya diundang. Pada prinsipnya diundang ya tokoh-tokoh, terutama yang ada hubungannya dengan istilahnya jasa mereka dalam merebut kemerdekaan dan juga pengabdian selama ini," katanya.

Sebelumnya, pelaksanaan upacara di IKN dipimpin oleh Presiden Jokowi dengan didampingi presiden terpilih Prabowo Subianto.

Selain mengundang mantan Kepala Negara ke IKN, Sekretariat Negara juga mengundang para duta besar negara sahabat.

Sedangkan Upacara HUT K-79 RI di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan didampingi Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming.