Wagub tegaskan lulusan Unsimar Poso harus mampu bersaing di dunia digital

id Sulteng ,Sandi,Poso,Palu,Corona,Pasigala ,Resesi,Omnibus law

Wagub tegaskan lulusan Unsimar Poso harus mampu bersaing di dunia digital

Wakil Gubernur Sulteng Rusli Baco Dg Palabbi (kanan) memberikan piagam penghargaan kepada salah satu wisudawati terbaik dalam acara wisuda ke-27 sekaligus Dies Natalis ke-34 Unsimar di Kabupaten Poso, Rabu (4/11). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng)

Mesti siap menghadapi tantangan dan memiliki skill dunia kerja yang serba digital seperti sekarang. Jika sebelumnya para lulusan mempunyai modal literasi lama yaitu calistung (baca,tulis dan hitung) maka sekarang perkaya lagi dengan tiga literasi bar

Poso (ANTARA) - Wakil Gubenur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusli Baco Dg Palabbi meminta lulusan Universitas Sintuvu Maroso (Unsimar) Kabupaten Poso harus mampu bersaing di dunia kerja yang serba digital saat ini.



"Mesti siap menghadapi tantangan dan memiliki skill dunia kerja yang serba digital seperti sekarang. Jika sebelumnya para lulusan mempunyai modal literasi lama yaitu calistung (baca,tulis dan hitung) maka sekarang perkaya lagi dengan tiga literasi baru guna menghadapi revolusi industri 4.0," pesannya dalam acara wisuda ke-27 dan Dies Natalis ke-34 Unsimar di Poso, Rabu.



Tiga literasi baru yang ia maksud yaitu literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia yang mencangkup kemampuan komunikasi, kolaborasi, berfikir kritis, kreatif dan Inovatif.



Ia yakin jika para lulusan Unsimar Poso dapat menguasi tiga literasi baru tersebut maka tantangan kerja di dunia digital pada era revolusi industri 4.0 dapat mereka atasi.



"Saya berharap para lulusan berkontribusi mengelola potensi sumber daya alam, meningkatkan sumber daya manusia dan daya saing daerah," ujarnya.



Senada dengan Rusli, Rektor Unsimar Suwardi Pantih berharao lulusan Unsimar dapat mengembangkan dan menggunakan ilmu yang diperoleh selama duduk di bangku perguruan tinggi dalam berbagai aspek terutama dalam menghadapi tantangan zaman.



"Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela pernah berkata pendidikan paling ampuh untuk mengubah dunia adalah dengan gagasan dan ide-ide, melalui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi," ucapnya.



Lulusan Unsimar Poso yang mengikuti wisuda ke-27 berjumlah 558 orang. Sementara itu total lulusan Unsimar yang telah menyandang gelar sarjana dari wisuda pertama hingga ke-27 berjumlah 6.677 orang.