WMI bangun hunian sederhana untuk penyintas gempa Mamuju

id gempa mamuju,rumah penyintas gempa,rumah sederhana,wahana muda indonesia,sitti sutinah suhardi, bupati mamuju

WMI bangun hunian sederhana untuk penyintas gempa Mamuju

Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi (kiri) saat menyerahkan secara simbolis rumah sederhana yang dibangun Wahana Muda indonesia (WMI), kepada salah seorang penyintas gempa. (ANTARA/HO/Diskominfo Mamuju)

Terlebih saat ini menjelang Bulan Suci Ramadhan, tentu dengan adanya bantuan rumah sederhana akan sedikit memberi ketenangan bagi mereka untuk menjalankan ibadah di bulan puasa nanti
Mamuju (ANTARA) - Wahana Muda Indonesia (WMI), lembaga swadaya masyarakat (LSM) di bidang sosial, kemanusiaan, dan peduli lingkungan, membangun rumah hunian sederhana untuk para korban gempa di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi di Mamuju, Minggu, mengatakan rumah sederhana tersebut bermanfaat untuk warga yang rumahnya rusak akibat gempa bumi.

"Terlebih saat ini menjelang Bulan Suci Ramadhan, tentu dengan adanya bantuan rumah sederhana akan sedikit memberi ketenangan bagi mereka untuk menjalankan ibadah di bulan puasa nanti," kata dia.

Ia berharap, warga yang masih di pengungsian segera kembali ke rumah, jika kediamannya masih memungkinkan untuk ditempati.

"Kami meminta, warga yang saat ini masih ada di pengungsian agar segera dapat kembali ke rumah, jika memang kediamannya masih layak dihuni. Mengingat risiko yang begitu besar terhadap penyakit jika terus berada di pengungsian, utamanya bagi keluarga yang memiliki balita dan manula," kata dia.

Ketua Umum WMI Handriansyah mengatakan jumlah bantuan khusus bagi penyintas gempa yang benar-benar membutuhkan tersebut terbatas.

Namun, ia berharap bantuan rumah hunian sederhana itu dapat meringankan beban para korban bencana agar dapat bangkit dan memulai hidup sebagaimana biasa.

"Kami berharap, bantuan ini dapat membangkitkan semangat kepada warga korban gempa bumi di Mamuju. Walaupun jumlahnya tidak banyak, paling tidak kami berharap melalui bantuan ini dapat bermanfaat bagi warga korban gempa," kata dia.

Salah seorang warga penerima bantuan rumah sederhana dari WMI, Adi, mengaku senang mendapatkan bantuan tersebut.

Melalui rumah sederhana itu, ia menyatakan dapat melanjutkan usaha cukur rambut yang selama ini ditekuni.

"Saya dapat kembali melanjutkan usaha cukur rambut saya karena tempat saya hancur akibat gempa," kata dia.

Baca juga: 380 KK warga Mamuju dapat bantuan gempa dari ADRA
Baca juga: Bupati Mamuju akan penanganan dampak gempa dan COVID-19
Baca juga: Instalasi PDAM Mamuju rusak akibat gempa
Baca juga: Korban gempa Mamuju belum terdata diminta melapor ke Dinas Perkim