Sandiaga Uno akan dukung penuh pengembangan desa wisata

id Sandiaga uno,desa wisata,Menparekfraf

Sandiaga Uno akan dukung penuh pengembangan desa wisata

Menteri Pariwisata, Ekonomi dan Kreatif, Sandiaga Uno saat berkunjung ke Desa Wisata Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur, Sabtu (22/05) (Antaranews.com/Istimewa)

Sesuai dengan semangat kita untuk membangkitkan desa-desa ini pertama agar ekonomi kita pulih

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata, Ekonomi dan Kreatif, Sandiaga Uno menjanjikan akan mendukung penuh pengembangan desa wisata sebagai salah satu bentuk kegiatan ekonomi kreatif.

Menparekraf Sandi mencontohkan Desa Wisata Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur yang berhasil meningkatkan penghasilan tahunan desa hingga 100 kali lipat.

“Sesuai dengan semangat kita untuk membangkitkan desa-desa ini pertama agar ekonomi kita pulih," kata Menparekraf Sandi dalam keterangannya saat berkunjung ke Malang, Sabtu.

Sandi melihat langsung bagaimana wilayah persawahan seluas 1 hektare (ha) di desa tersebut telah disulap dan bisa menghasilkan keuntungan hingga Rp1,2 miliar per tahun. Padahal, sebelumnya sawah di sana hanya menguntungkan warga sebesar Rp10 juta per tahun.

Sandi menekankan, banyak kegiatan di desa wisata tersebut yang dapat dikembangkan dan memberi keuntungan bagi warga. Seperti beberapa jenis tanaman yang bisa menembus pasar ekspor hingga ke Jepang.

"Harapan kita, pariwisata bisa menggerakkan ekonomi kita, membangkitkan semangat dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," ujar Sandi.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa kegiatan-kegiatan ekonomi kreatif tersebut dapat membuka kesempatan kerja yang lebih luas bagi masyarakat di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

"Ini yang saya ingin berikan pendekatan ekonomi berkeadilan yang berpihak kepada masyarakat perdesaan," jelas Sandi.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Malang, Sanusi mengapresiasi langkah kementerian yang dipimpin Sandi dalam menggerakkan ekonomi kreatif masyarakat perdesaan.

Dia mengakui bahwa manfaat itu dapat dirasakan secara langsung dengan meningkatnya pendapat masyarakat sekitar di tengah pandemi.

"Kita gerakkan ekonomi kreatif dengan meningkatkan potensi yang ada dari padi yang 8 ton sekarang sudah bisa 15 ton," ucap dia.

Adapun saat ini Kemenparekraf tengah menginisiasi program Anugerah Desa Wisata 2021. Program ini bertujuan agar dari 57.000 desa di seluruh Indonesia yang memiliki daya tarik wisata tergerak untuk mendaftarkan desanya ke dalam program tersebut.

Sehingga, promosi terkait perekonomian kreatif dapat semakin memotivasi desa-desa dalam mengembangkan inovasi. Kemenparekraf mencatat setidaknya ada lebih dari 700 desa wisata yang masuk ke dalam data Desa Wisata Indonesia.

Baca juga: Sandiaga: Indonesia ke-3 dunia ekonomi kreatifnya berkontribusi sumbang PDB
Baca juga: Menparektif yakin vaksinasi percepat pemulihan ekonomi kreatif
Baca juga: Menparekraf targetkan vaksinasi 100 ribu lebih insan perfilman di Tanah Air