Pemkot Palu upayakan capai target 80 persen program vaksin COVID-19

id Vaksin corona, festival vaksin, vaksin ranger, Dinkes palu, Husaema, Sulteng,Pemkotpalu

Pemkot Palu  upayakan capai target 80 persen program vaksin COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, dr Husaema. ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah mengupayakan capaian program vaksin COVID-19 bisa menyentuh angka 80 persen dalam rangka menuju Palu bebas virus Corona.

"Meraih target 80 persen maka dibutuhkan partisipasi dan dukungan masyarakat ikut terlibat dalam program vaksin COVID-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu dr Husaema, di Palu, Selasa.

Dia menjelaskan, tahun 2021 menjadi tahun prioritas Pemkot Palu dalam menggenjot dalam memaksimalkan capaian target vaksin, sebab saat ini realisasi vaksinasi baru mencapai sekitar 60 hingga 70 persen.

Menurut dia, jika 80 persen penduduk Kota Palu telah tervaksin, maka ibu kota Sulteng bisa dikatakan zona aman dari ancaman COVID-19.
Oleh karena itu, pemerintah berupaya 270 ribu warga usia produktif yang menjadi sasaran program kesehatan ini harus terlayani dengan melibatkan seluruh Puskesmas dan sarana kesehatan lainnya di 46 kelurahan di kota itu.

"Dari 270 ribu, sebagian warga Palu sudah menjalani vaksin. Pemerintah saat ini menyediakan kurang lebih 61.800 dosis untuk menyasar sekitar 32 warga yang belum terlayani vaksinasi tahap satu dan dua," ujar Husaema.

Dia memaparkan, masyarakat tidak perlu ragu untuk di vaksin, karena pemerintah telah menjamin efektivitas suatu produk anti virus digunakan di tanah air karena sudah melalui tahap uji klinis dan mendapat pengakuan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), dan halal digunakan berdasarkan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Guna menggalakkan program tersebut, Pemkot Palu meluncurkan satu gerakan di beri nama vaksin ranger, duta vaksin dan festival vaksin dengan tujuan untuk mengedukasi dan mencegah informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, mengajak masyarakat ikut berpartisipasi dan terlibat langsung di program yang diluncurkan Pemkot Palu.

"Vaksin ranger dan festival vaksin sesungguhnya memberikan akses bagi masyarakat untuk mendapat layanan vaksinasi secara gratis. Oleh karena itu, pemerintah berharap kehadiran program tersebut lebih menambah semangat masyarakat ikut terlibat," demikian Husaema.
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar