Kominfo sediakan jaringan internet gratis 46 kelurahan di Kota Palu

id Layanan internet, kominfopalu, Nathan Pasongan, Pemkotpalu, sulteng,PT telkom

Kominfo  sediakan jaringan internet gratis 46 kelurahan di Kota Palu

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palu Nathan Pasongan menyerahkan perangkat secara simbolis akses internet kepada Kelurahan Mamboro di Kecamatan Palu Utara, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (7/4/2022). (ANTARA/HO-Kominfo Palu)

Palu (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Palu, Sulawesi Tengah, menyediakan layanan jaringan internet gratis bagi 46 kelurahan di Kota Palu sebagai wujud transformasi digital menuju Palu kota cerdas.

"Pemasangan layanan internet sudah rampung dan bertujuan memberi akses jaringan secara luas kepada masyarakat di seluruh wilayah Kota Palu," kata Ptl. Kepala Dinas Kominfo Kota Palu Nathan Pasongan ketika dihubungi dari Palu, Kamis.

Dia menjelaskan pemasangan jaringan internet itu terlaksana atas kerja sama antara Diskominfo Kota Palu dan PT Telkom, dengan menempatkan fasilitas internet gratis di titik-titik strategis berdasarkan ketentuan 46 kelurahan tersebut.

Dari kerja sama itu, lanjutnya, PT Telkom kemudian memasang tujuh jaringan Indihome atau modem internet di masing-masing kelurahan, sebagai upaya Pemkot Palu memberikan pelayanan digital sekaligus meningkatkan literasi warga melalui transformasi digital.

Jaringan internet gratis dikhususkan untuk masyarakat. Artinya, masyarakat bebas mengakses dengan penyediaan kuota 20 Mbps tanpa ada kode kunci (password)," tambahnya.

Layanan internet saat ini sudah menjadi bagian dari kebutuhan publik dalam mengakses informasi, bahkan sudah menjadi ruang edukasi dan pendukung dalam kegiatan pendidikan, katanya.

"Di tengah pandemi COVID-19, kegiatan belajar dan mengajar ada yang melalui tatap muka, ada pula lewat daring. Layanan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya siswa-siswi dan mahasiswa dalam mengerjakan tugas pendidikan," jelasnya.

Dia mengatakan sebagaimana arah pembangunan Kota Palu sebagai smart city, penyediaan jaringan internet merupakan salah satu program prioritas yang saat ini terus didorong.

Selain itu, Palu sebagai kota sedang berkembang sudah sewajarnya membuka akses internet seluas-luasnya di ruang publik guna mendorong masyarakat jadi melek teknologi.

"Pemasangan layanan dianggarkan oleh Diskominfo Palu. Penyediaan fasilitas sudah berlangsung sejak Februari lalu dan kini seluruh kelurahan sudah memiliki jaringan internet gratis. Bila terjadi gangguan teknis, maka pemerintah kelurahan secepatnya melaporkan kepada kami supaya segera dikoordinasikan dengan PT Telkom," ujarnya.