19.256 wisatawan kembali dari Sabang usai liburan

id Aceh,Arus balik,pelabuhan,Sabang,Ilibur Idul Fitri,pariwisata,wisatawan,Kemenhub,Kemenparekraf,ekonomi,bisnis

19.256 wisatawan kembali dari Sabang usai liburan

Sejumlah wisatawan saat kembali dari Sabang via pelabuhan Ulee Lheue, di Banda Aceh, Sabtu (7/5/2022) (ANTARA/Rahmat Fajri)

Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 19.256 wisatawan yang berlibur ke Sabang selama lebaran sudah kembali dari kota wisata tersebut, terhitung hingga akhir liburan Idul Fitri 1443 Hijriah.



"Kalau dilihat dari hari pertama lebaran sampai dengan kemarin sudah 19.256 wisatawan yang sudah kembali," kata Kepala Tata Usaha Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue Banda Aceh Maulizan, di Banda Aceh, Senin.



Maulizan mengatakan, jumlah kedatangan wisatawan yang kembali dari Sabang tersebut lebih sedikit ketimbang yang berangkat selama waktu itu yakni sebanyak 20.228 orang.



"Kalau kita lihat dari data jumlah orang berangkat dan datang dari pertama lebaran itu, artinya 972 wisatawan masih berada di Sabang," ujarnya.



Kata Maulizan, setelah arus balik liburan Idul Fitri ini, aktivitas pelabuhan Ulee Lheue saat ini sudah mulai normal kembali seperti biasanya, atau tidak lagi dipadati penumpang seperti masa libur kemarin.



Kemudian, untuk aktivitas kapal cepat dari delapan trip saat libur Idul Fitri juga sudah normal kembali menjadi empat trip. Sedangkan kapal lambat di bawah ASDP juga dikurangi menjadi lima trip. 



"Kapal cepat sudah normal empat trip, ASDP lima trip, kecuali kondisi lapangan membutuhkan baru akan ditambah menjadi enam trip," kata Maulizan.



Seperti diketahui, sejak hari pertama lebaran hingga H+4 Idul Fitri 1443 Hijriah pelabuhan penyeberangan Ulee Lheue Banda Aceh dipadati para wisatawan dari berbagai daerah yang ingin berlibur ke Sabang.



Para penumpang tersebut tidak hanya warga lokal, melainkan didominasi wisatawan luar Aceh mulai dari Sumatera Utara, Bengkulu, Pekanbaru hingga dari Pulau Jawa.

Pewarta :
Editor : Mohamad Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2022