Pemkot Palu berharap momen HUT ke-77 RI gelorakan semangat persatuan

id Walikotapalu, Hadianto Rasyid, Pemkotpalu, Sulteng, HUT RI, kemerdekaan RI

Pemkot Palu berharap momen HUT ke-77 RI gelorakan semangat persatuan

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan usai upacara peringatan detik-detik proklamasi HUT ke-77 RI di Palu, Rabu (17/8/2022). ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, berharap momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia sangat penting dalam menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan untuk kemandirian bangsa.
 
"Kemerdekaan tidak hanya dimaknai sebagai perjuangan mengusir penjajah, tetapi lebih dari itu. Kemerdekaan perlu dilihat dari semua sektor untuk menciptakan kemandirian bangsa," kata Wali Kota Palu Hadianto Rasyid usai upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Palu, Rabu.
 
Menurut dia, kemajuan daerah tidak terlepas dari peran serta semua pihak, maka semangat gotong royong, persatuan dan kesatuan menjadi kunci utama kesuksesan pembangunan.
 
Oleh karena itu, berbagai program pembangunan dijalankan pemerintah saat ini perlu dukungan semua komponen di daerah tersebut yang tidak lain untuk kepentingan kesejahteraan rakyat.
 
"Sebagaimana pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo bahwa masih banyak tantangan dihadapi negara, salah satunya pandemi COVID-19 yang belum usai, sehingga kami selaku pemerintah di daerah mengambil peran melakukan pengendalian wabah tersebut," ujar Hadianto.
 
Paskibraka dengan langkah tegap berjalan untuk mengibarkan bendera merah putih pada upacara peringatan detik-detik proklamasi HUT ke-77 RI di Palu, Rabu (17/8/2022). ANTARA/Moh Ridwan

Hadianto mengemukakan kebijakan pemerintah pusat untuk pengembangan berbagai sektor, maka Pemda selalu berada dalam koridor termasuk Pemkot Palu, yang dikolaborasi dengan program prioritas pemerintah setempat.
 
Sesuai tema peringatan HUT ke-77 RI tahun 2022 "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat", kata wali kota,  maka perjalanan panjang kemerdekaan bangsa ini sejatinya menjadi spirit menuju Indonesia lebih baik.
 
"Momentum hari ini milik semua warga negara. Pemkot Palu selalu mendukung langkah positif yang dilakukan masyarakat. Kami juga terus berupaya membangun kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program pembangunan," tutur Hadianto.
 
Ia menambahkan, kolaborasi pemerintah dengan para pihak harus tetap terjalin dalam bingkai persaudaraan, selain itu Pemkot Palu juga sangat terbuka terhadap kritikan dan masukkan dari berbagai elemen masyarakat guna perbaikan sistem dan tata kelola pemerintahan daerah ini.
 
"Saya berharap momen 77 tahun bangsa Indonesia merdeka menjadi semangat baru melanjutkan program yang sudah dicanangkan. Menuju kesuksesan itu, maka perlu bergandengan tangan menjadikan Palu semakin baik ke depan," demikian Hadianto.