Pemkab Bangkep mulai implementasikan program inovasi birokrasi mengajar

id Bupati Bangkep,Ihsan Basir,Pemkab Bangkep,Birokrasi mengajar,Pendidikan bangkep

Pemkab Bangkep mulai implementasikan program inovasi birokrasi mengajar

Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Bangkep)

Banggai Kepulauan, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan (Pemkab Bangkep), Sulawesi Tengah mulai mengimplementasikan program inovasi birokrasi mengajar, sebagai bentuk kontribusi dan perhatian pemerintah setempat dalam membangun sumber daya manusia unggul.

"Program ini juga sebagai satu pendekatan untuk minimalisasi kesenjangan terkait kekurangan guru," kata Bupati Banggai Kepulauan, Ihsan Basir, di Bangkep, Rabu.

Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir telah menandatangani surat edaran nomor : 061/655/Bag.Org tentang program birokrasi mengajar, pada tanggal 11 Juli 2023. Lewat edaran tersebut, sebanyak 45 pejabat meliputi asisten bupati, staf ahli bupati, kepala dinas hingga camat, dijadwalkan untuk mengajar di beberapa sekolah.
 

Beberapa sekolah yang menjadi sasaran program birokrasi mengajar di antaranya, SMKN 1 Kecamatan Bulagi Selatan, SMKN 1 Liang, SMK Tinangkung Utara, SMAN 1 Buko Selatan, SMAN Tinangkung Selatan, SMK Tinangkung Selatan, SMAN 1 Buko, SMAN 2 Totikum, SMKN 1 Tinangkung. Kemudian, SMAN Peling Tengah, SMAN Totikum Selatan, SMAN 1 Bulagi, SMAN 1 Bulagi Utara.

Program birokrasi mengajar merupakan satu program inovasi yang digagas oleh Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir. Program ini sebagai bentuk dukungan birokrasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Banggai Kepulauan.
 
"Untuk teknis pelaksanaan mengajar, akan disesuaikan dengan jadwal mengajar di masing - masing sekolah," ucapnya.
 
Melalui program birokrasi mengajar, para pejabat akan melakukan proses pengajaran di kelas selama satu jam, yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan memperluas wawasan siswa.
 

Di samping mengajar, ujar dia, Program Birman menjadi salah satu upaya untuk mendekatkan pemerintah dengan masyarakat, khususnya dengan pihak sekolah dan generasi muda.

"Hal ini juga untuk menyosialisasikan program pembangunan yang diselenggarakan oleh Pemkab Bangkep," ujarnya.