Bangkep kerja sama Morowali dan Morut untuk pengendalian inflasi

id Bangkep,Pemkab Bangkep,Ihsan Basir,Bupati Bangkep,Pengendalian Inflasi

Bangkep kerja sama Morowali dan Morut untuk pengendalian inflasi

Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Bangkep)

Banggai Kepulauan, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, membangun kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Morowali dan Morowali Utara (Morut) untuk pengendalian inflasi, demi menjaga stabilitas ekonomi di daerah itu.

Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir, di Bangkep, Selasa, mengemukakan pengendalian inflasi merupakan salah satu prioritas utama dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

"Iya, dalam upaya pengendalian inflasi, Pemkab Bangkep membangun sinergi dengan Morowali dan Morowali Utara dalam berbagai bentuk kegiatan," ujarnya.

Ia menerangkan, kegiatan pengendalian inflasi membutuhkan sinergi multi pihak, yang ditindak lanjuti dalam berbagai kegiatan. 

Misalnya, sebut dia, terkait pemenuhan kebutuhan pangan untuk wilayah Morowali dan Morowali Utara, maka Pemkab Bangkep akan menyiapkan kapal untuk mendistribusikan hasil tangkap nelayan berupa hasil perikanan dan kelautan ke wilayah Morowali dan Morowali Utara.

Sehingga nelayan juga mendapat manfaat dari kerja sama ini. Dengan demikian, ujar dia, hasil perikanan dan kelautan yang dihasilkan oleh nelayan, langsung terdistribusi ke pasar.

"Kerja sama mengedepankan asas manfaat atau simbiosis mutualisme, sehingga tidak ada yang dirugikan dalam kerja sama ini," ungkapnya.

Mendindaklanjuti kerja sama ini, Ihsan Basir mengakui bahwa dirinya telah menerbitkan surat yang ditujukan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Bangkep untuk membuat naskah perjanjian kerja sama dengan OPD di lingkup Pemkab Morowali dan Morowali Utara.

"OPD membuat naskah perjanjian kerja sama sesuai dengan urusan dan tupoksi masing - masing OPD dalam pengendalian inflasi," ucapnya.

Pemkab Bangkep sendiri, sebelumnya telah mengalokasikan anggaran senilai Rp3 miliar untuk kegiatan pengendalian inflasi. 

Sebelumnya Pemkab Bangkep juga telah  bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Banggai dan Pemerintah Kabupaten Banggai Laut mengenai pengendalian inflasi untuk dikendalikan secara bersama di tiga daerah itu.

"Kerja sama ini penting sekali, untuk mengintervensi inflasi secara bersama - sama demi menjaga stabilitas harga dan ekonomi masyarakat," demikian Bupati Banggai Kepulauan, Ihsan Basir.