Kakanwil-Kemenkumham Sulteng pastikan pemenuhan hak WBP berjalan baik

id Kanwil Kemenkumham Sulteng ,Kakanwil ,Sulteng ,Tinjau lapas,Pemenuhan hak warga binaan

Kakanwil-Kemenkumham Sulteng pastikan pemenuhan hak WBP berjalan baik

Kakanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah Hermansyah Siregar meninjau Lapas Kelas II A Palu di Kota Palu, Sulteng (19/10/2023). (ANTARA/HO-Humas Kemenkumham Sulteng)

Palu (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah Hermansyah Siregar memastikan pemenuhan hak para warga binaan pemasyarakatan telah berjalan dengan baik.

"Semuanya harus telah terstandardisasi sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku agar tujuan dari pembinaan dapat tercapai," kata Hermansyah Siregar saat melakukan kunjungan perdana ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Palu, Kamis.

Dalam kesempatan itu, Kakanwil bersama jajaran meninjau berbagai sarana prasarana dan layanan di Lapas Palu, seperti pemeriksaan dapur, fasilitas kesehatan, proses pembinaan, dan memastikan sarana dan prasarana penunjang pengawasan keamanan dan ketertiban berjalan dengan baik.

Ia mengingatkan setiap Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dapat memastikan layanan dan pemenuhan hak kepada warga binaan terpenuhi dengan baik.

"Fokus kami adalah bagaimana para saudara kita ini dapat berubah dan memiliki kapabilitas diri yang mumpuni. Hal tersebut dapat terwujud tentunya diawali dengan pemenuhan hak yang prima," katanya.

Hermansyah Siregar juga menyampaikan apresiasi atas program pembinaan yang telah diberikan dengan baik dan berharap agar hal positif tersebut terus ditingkatkan sehingga benar-benar menghasilkan para warga binaan yang siap menjadi pionir pembangunan bangsa di masa depan.

"Fasilitas kesehatan dan pelatihan kerja telah sertifikasi, tentu hal itu dimanfaatkan sebaik-baiknya karena tujuan kita adalah agar mereka menjadi pemimpin untuk bangsa atau daerah ini. Mari terus memastikan pemenuhan hak terpenuhi dengan baik,” ujarnya.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Sulteng Ricky Dwi Biantoro mengatakan dalam pemenuhan hak tersebut, pelaksanaan fungsi pengawasan terus dilakukan.

"Fungsi pengawasan maupun pengoptimalan satuan operasional kepatuhan terus dipantau sehingga pembinaan berjalan lancar," katanya.

Hak tersebut sebagai upaya agar situasi aman dan kondusif dapat terus berjalan dengan baik, baik di lapas maupun rumah tahanan negara (Rutan).

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II A Palu Gunawan menegaskan lembaganya akan terus berkomitmen menghadirkan pelayanan yang prima.

"Pastinya kami berkomitmen untuk menghadirkan pelayanan prima, pelayanan yang memberi dampak baik buat warga binaan dan para masyarakat di luar," ujarnya.