TP PKK Sulteng: UP2K langkah penting topang perekonomian masyarakat

id TP PKK Sulteng ,Pelatihan UP2K,Pengembangan ekonomi ,Pemberdayaan ekonomi masyarakat ,Kota Palu

TP PKK Sulteng: UP2K langkah penting topang perekonomian masyarakat

TP PKK Provinsi Sulawesi Tengah berfoto bersama kelompok UP2K Kota Palu, di Palu, Sulteng, Selasa (12/12/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sulawesi Tengah Vera Rompas Mastura, mengatakan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) merupakan salah satu langkah awal penting untuk menopang perekonomian masyarakat.
 


"UP2K PKK di tingkat rumah tangga menjadi pilihan dan merupakan langkah awal yang sangat penting dalam mengembangkan pemberdayaan ekonomi masyarakat," kata Vera pada saat pelaksanaan kegiatan Pelatihan UP2K PKK di Kota Palu, Selasa.


 


Ia menyampaikan Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi (Gelari Pelangi), merupakan salah satu program unggulan dari TP PKK sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Induk Gerakan PKK tahun 2021-2024.


 


UP2K, kata dia, bagian dari Gelari Pelangi yang merupakan kegiatan usaha ekonomi yang diusahakan oleh keluarga, baik secara perorangan maupun kelompok, dan modalnya bersumber dari swadaya masyarakat, bantuan pemerintah, bantuan luar negeri, swasta, serta sumber lain yang sah dan tidak mengikat.


 


Pelaksanaan pelatihan UP2K PKK bertujuan agar setiap keluarga memiliki pengetahuan maupun keterampilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dan tata kehidupan yang berkecukupan.


 


Untuk itu dalam mengembangkan usaha ekonomi suatu keluarga tersebut, kata Vera, pendekatan berbasis sosial kemasyarakatan dilakukan.


 


"Tidak hanya untuk meningkatkan pendapatan, tetapi juga mencakup pengembangan kemampuan dan keahlian warga kelurahan, desa, kader dan anggota rumah tangga, khususnya keluarga-keluarga yang telah mempunyai usaha," katanya.


 


Menurut dia, pemberdayaan ekonomi keluarga pada dasarnya agar seluruh anggota keluarga terlibat dalam kegiatan produktif, sehingga pendapatan keluarga semakin bertambah karena masing-masing anggota memberikan kontribusi pendapatan bagi keluarganya.


 


Selain itu, setiap daerah memiliki potensi unggulan yang dapat dikelola dan diolah menjadi produk bernilai tinggi melalui kegiatan UP2K PKK.


 


"Dalam usaha peningkatan pemberdayaan kesejahteraan keluarga, kiat-kiat dalam UP2K perlu ditingkatkan, yakni keterlibatan anggota, kegiatan kelompok, pertemuan anggota rutin dan dinamis, rasa solidaritas tinggi, semangat dan termotivasi, bangga dengan hasil usaha, serta kreatifitas dan inovasi," kata Vera.


 


Dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Provinsi Sulteng juga memberikan bantuan peralatan masak bagi kelompok UP2K yang ada di delapan kecamatan di Kota Palu, sebagai bentuk dukungan terhadap program tersebut.


 


Dia berharap melalui pelatihan tersebut, peningkatan usaha yang telah ada diharapkan dapat diupayakan semaksimal mungkin baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.