TP-PKK Sulteng tingkatkan kapasitas SDM kader PKK lewat Gelari Pelangi

id TP PKK Sulteng ,Peningkatan SDM kader PKK,Program Gelari Pelangi ,Sulawesi Tengah

TP-PKK Sulteng tingkatkan kapasitas SDM kader PKK lewat Gelari Pelangi

Wakil Ketua TP-PKK Sulteng Halima Amir. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng)

Banggai Kepulauan, Sulawesi Te (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) kader PKK di Kabupaten Banggai Kepulauan melalui program Gerakan Keluarga Indonesia Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi (Gelari Pelangi).
 


"Peluncuran program Gelari Pelangi pada hari ini merupakan langkah yang tepat dan strategis dalam upaya meningkatkan kemampuan SDM kader PKK, khususnya di Kabupaten Banggai Kepulauan," kata Wakil Ketua TP-PKK Sulteng Halima Amir pada peluncuran pilot projek Gelari Pelangi di Banggai Kepulauan, Sabtu.


 


Ia mengatakan dengan kemampuan SDM kader PKK yang unggul dan berkapasitas, dapat menjadi motivator sebagai wujud kontribusi serta partisipasi untuk mendukung program kegiatan di daerah masing masing.


 


Gelari Pelangi, kata dia, merupakan salah satu program unggulan dari TP-PKK, sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Induk Gerakan PKK Tahun 2021-2024, khususnya pada bidang pendidikan dan peningkatan ekonomi keluarga.


 


Ia menjelaskan program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran keluarga Indonesia akan pentingnya pendidikan dan ketahanan ekonomi keluarga, serta meningkatkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan dasar keluarga secara optimal.


 


"Program Gelari Pelangi merupakan kunci ekonomi dan pendidikan yang dapat meningkatkan kualitas keluarga," katanya.


 


Karena itu, ia berharap melalui kerja sama yang solid antara berbagai pihak, diharapkan program ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain dan membawa dampak positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.


 


Selain itu, Halima juga meminta agar TP-PKK dan Kader PKK Bangkep selalu berkolaborasi dengan stakeholder dan melibatkan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dalam mengakselerasi bidang ekonomi serta memberikan edukasi kepada masyarakat.


 


Lebih lanjut, ia menyampaikan apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh TP-PKK Banggai Kepulauan beserta jajaran dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, dalam pengembangan UP2K, tokoh PKK serta pembentukan koperasi PKK.