Gubernur tinjau rekonstruksi jalan Mepanga Pasir Putih di Parimo

id Gubernur Sulteng ,Tinjau rekonstruksi jalan,Parigi Moutong ,Sulawesi Tengah ,Kunjungan kerja Gubernur

Gubernur tinjau rekonstruksi jalan Mepanga Pasir Putih di Parimo

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Parigi Moutong, Minggu (28/1/2024). (ANTARA/HO-PPID Pelaksana Biro Administrasi Pimpinan)

Parigi Moutong, Sulawesi Tenga (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura meninjau proses rekonstruksi jalan ruas Mepanga Pasir Putih yang berlokasi di Desa Ogomolos, Kecamatan Mepanga dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Parigi Moutong (Parimo).
 


Rusdy Mastura di Parigi Moutong, Minggu, menuturkan tujuan kedatangannya itu dalam rangka silaturahmi bersama masyarakat, sekaligus memastikan pengerjaan jalan ruas Mepanga Pasir Putih terlaksana dengan baik.


 


"Proyek rekonstruksi jalan ini bukan hanya sekedar sebuah pembangunan fisik, tetapi juga menggambarkan komitmen kuat dari pemerintah daerah dengan membawa harapan besar bagi masyarakat setempat, serta mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih baik," kata dia.


 


Jalan ruas Mepanga Pasir Putih merupakan jalan yang menghubungkan Kabupaten Toli-Toli dan Kabupaten Parigi Moutong.


 


Rekonstruksi jalan tersebut merupakan program Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang dengan panjang jalan sepanjang 3,5 kilometer dengan pagu anggaran Rp6 miliar dan batas kontrak berakhir tanggal 28 Desember 2023.


 


Mastura mengatakan, pihaknya memboyong sejumlah kepala perangkat daerah dalam kesempatan itu untuk melihat dan mendengarkan langsung berbagai permasalahan serta menangkap aspirasi masyarakat.


 


Dalam kesempatan itu, dia juga menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Tengah saat tumbuh sebesar 13,06 persen.


 


"Pendapatan Asli Daerah (PAD) mengalami kenaikan signifikan dari Rp900 miliar menjadi Rp2 triliun, dan menjadi realisasi investasi terbesar ke 3 secara nasional setelah Jawa Barat dan DKI Jakarta," ujarnya.


 


Selain itu, dia menerangkan angka kemiskinan berhasil diturunkan dari 3,02 persen pada tahun 2022 menjadi 1,44 persen pada 2023. 


 


Begitu pula dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) menurun di angka 2,95 persen pada 2023 dibandingkan tahun sebelumnya yakni 3,75 persen. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga tumbuh sebesar 71,66 pada tahun 2023 dari tahun sebelumnya yakni 71,01.


 


Menurut dia, semua hal itu dapat diraih karena kerja sama dan dukungan oleh semua stakeholder dan instansi terkait.


 


Untuk itu, dia turut mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah itu untuk terus membangun daerah itu menuju Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan maju.


 


Terlebih, kata dia, Sulawesi Tengah yang merupakan Negeri Seribu Megalit disiapkan sebagai salah satu daerah penyangga atau penopang Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 3 tahun 2022 tentang IKN di Kalimantan.


 


"Secara geografis Provinsi Sulawesi Tengah memiliki letak yang sangat strategis. Posisi itu membawa harapan baru berupa kemajuan daerah dan pemerataan pembangunan," ujar Mastura.


 


Karena itu, dia menambahkan bahwa harapan tersebut dapat terwujud apabila semua potensi daerah dapat dielaborasi dan dikelola dengan baik.

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Parigi Moutong, Minggu (28/1/2024). (ANTARA/HO-PPID Pelaksana Biro Administrasi Pimpinan)