Polda Sulteng cek kesiapan personel pengamanan rapat pleno KPU Sulteng

id Polda Sulteng ,KPU Sulteng ,Rapat pleno terbuka ,Pemilu 2024,Sulawesi Tengah

Polda Sulteng cek kesiapan personel pengamanan rapat pleno KPU Sulteng

Personel kepolisian mengamankan kantor KPU Sulteng menjelang pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di Kota Palu, Minggu (3/3/2024). (ANTARA/HO-Humas Polda Sulteng)

Palu (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) mengecek kesiapan personel pengamanan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat provinsi di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulteng.
 
"Satgas Bantuan Operasi (Banops) Operasi Mantap Brata (OMB) Tinombala melalui Subsatgas Propam melakukan pengecekan personel di kantor KPU Sulteng dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban menjelang pleno terbuka," kata Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Humas OMB Tinombala Kombes Pol. Djoko Wienartono di Palu, Minggu.
 
Ia mengatakan pengecekan itu untuk memastikan kesiapan personel yang bertugas dalam keadaan siap dan prima, serta mematuhi peraturan dan disiplin Polri.
 
Pengecekan dilakukan melalui pemeriksaan kelengkapan inventaris, sikap tampang, dan perilaku personel yang bertugas di kantor penyelenggara pemilu tersebut.
 
Menurut dia, Subsatgas Propam Polda Sulteng telah menekankan kepada personel agar bersikap profesional, netral, dan tidak memihak dalam pengamanan tahapan Pemilu 2024.
 
"Personel juga harus menjaga sikap tampang dan perilaku yang baik, serta memberikan pelayanan yang humanis kepada masyarakat saat berlangsungnya rapat pleno mulai dari tanggal 4-10 Maret 2024," kata Djoko.
 
Ia juga mengingatkan personel untuk selalu waspada terhadap potensi gangguan keamanan dan segera melaporkan kepada pimpinan apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan.
 
Pengecekan tersebut, kata dia, akan terus dilakukan secara berkala untuk memastikan personel yang bertugas selalu dalam keadaan siap dan prima sebagai wujud komitmen kepolisian untuk mengamankan tahapan Pemilu 2024.