KPU Sigi bentuk relawan demokrasi pada Pilkada 2024

id Kpu Sigi ,Komisi Pemilihan Umum ,Kabupaten Sigi ,Sulawesi Tengah ,Relawan demokrasi

KPU Sigi bentuk relawan demokrasi pada Pilkada 2024

Ketua KPU Kabupaten Sigi Soleman (dua kanan) bersama Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM Suandi Tamrin Bilatullah (kanan) saat sosialisasi syarat dukungan bakal calon perseorangan Pilkada 2024. ANTARA/HO-KPU Sigi

Sigi (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, membentuk Relawan Demokrasi (Relasi) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di daerah itu.
 
"Tugas relawan demokrasi ini melakukan sosialisasi di beberapa segmentasi yang kami buka, yaitu segmen pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, dan segmen netizen," kata Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kabupaten Sigi Suandi Tamrin Bilatullah di Sigi, Kamis.
 
Suandi mengemukakan bahwa relawan demokrasi akan turun ke tengah masyarakat untuk menyosialisasikan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Sigi.
 
Relawan demokrasi segmen pemilih pemula, lanjut dia, akan turun ke sekolah-sekolah, sedangkan pemilih muda sosialisasi di kalangan anak-anak muda di setiap kecamatan.

Sementara itu, pemilih perempuan sosialisasi kepada ibu-ibu PKK, wanita Islam Alkhairaat, dan segmentasi netizen.

"Warga internet (warganet) yang aktif di media sosial akan mengampanyekan di medsos masing-masing," ucapnya.
 
Tugas relawan demokrasi ini, kata dia, selama 7 bulan ke depan sampai menjelang Pilkada Sigi.
 
Ia menjelaskan bahwa relawan demokrasi ini akan berperan membantu menyosialisasikan pilkada serentak agar target partisipasi masyarakat minimal sama pada Pemilu 2024 sebesar 81 persen, bahkan bisa di atas persentase tersebut.
 
Menurut dia, masing-masing segmentasi relawan demokrasi sebanyak lima orang bertugas selama tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sigi 2024. Dengan demikian, total 20 orang relawan demokrasi.
 
Suandi menuturkan bahwa usia relawan demokrasi minimal 17 tahun saat pendaftaran. Khusus untuk relawan pemilih pemula, maksimal berusia 25 tahun dan bukan dari anggota partai politik maupun penyelenggara pemilu.
 
Pendaftaran relawan demokrasi dibuka mulai 6 Mei hingga 9 Mei 2024, kemudian seleksi administrasi mulai 10 hingga 12 Mei, lalu jadwal seleksi wawancara pada tanggal 13 Mei 2024.