Rusdy Mastura harap Lanal Palu perkuat sinergi jaga keamanan laut Sulteng

id Gubernur Sulteng ,Lanal Palu ,Sertijab Lanal Palu ,Sulawesi Tengah

Rusdy Mastura harap Lanal Palu perkuat sinergi jaga keamanan laut Sulteng

Upacara serah terima jabatan Komandan Lanal Palu dari Kolonel Laut (P) Agus Supriyo kepada Kolonel Laut (P) Marthinus Sir. di Palu, Rabu (21/8/2024). (ANTARA/HO-Pen Lanal Palu)

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura mengharapkan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palu agar terus memperkuat sinergi bersama dengan pemerintah daerah dalam menjaga keamanan laut di wilayah Sulawesi Tengah.
 


"Kepada Kolonel Laut (P) Marthinus Sir dititipkan harapan besar untuk dapat meneruskan hasil kinerja dari pejabat lama Komandan Lanal dan terlebih lagi dapat ditingkatkan," kata Rusdy Mastura pada upacara serah terima jabatan Komandan Lanal Palu dari Kolonel Laut (P) Agus Supriyo kepada Kolonel Laut (P) Marthinus Sir. di Palu, Rabu.

 

Ia berharap koordinasi dan sinergi dapat terus ditingkatkan dalam menjaga keamanan di Provinsi Sulteng, khususnya di wilayah perairan laut provinsi ini.

 

Gubernur juga menyampaikan terima kasih atas dedikasi dan loyalitas yang telah diberikan Kolonel Laut (P) Agus Supriyo selama menjabat Komandan Lanal Palu.

 

Sementara itu, Komandan Lantamal VI Makassar Brigjen TNI (Mar) Andi Rahmat menyampaikan bahwa serah terima jabatan di lingkungan organisasi TNI-AL merupakan wujud dinamika organisasi.

 

"Hal ini memiliki makna penting bagi kesinambungan kepemimpinan dalam melaksanakan manajemen organisasi sesuai peran, tugas, dan fungsi yang diemban," katanya.

 

Ia mengatakan bahwa Lanal Palu adalah salah satu komando pelaksana dukungan di jajaran Lantamal VI dan bagian integral dari sistem senjata armada terpadu (SSAT).

 

Ia berpesan agar peran dan fungsi Lanal yang dikenal dengan istilah 5R, yaitu Rebase, Replenishment, Repair, Rest, dan Recreation untuk terus dibina, dipelihara, dan ditingkatkan kemampuannya.

 

"Jabatan ini adalah kepercayaan dan kehormatan yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Berikan kemampuan terbaik untuk memajukan organisasi yang anda pimpin," katanya.

 

Komandan Lanal Palu Kolonel Laut (P) Marthinus Sir menyatakan siap untuk meningkatkan sinergi bersama dengan pemerintah daerah untuk menegakkan keamanan laut di wilayah ini.

 

"Kami siap mendukung kebijakan pemerintah daerah dan siap menjaga keamanan laut wilayah Sulteng," ujarnya.