KPU Sigi pastikan siap hadapi bencana hidrometeorologi di Pilkada 2024

id Komisi Pemilihan Umum ,Kpu Sigi ,Kabupaten Sigi ,Sulawesi Tengah ,Pilkada,Bencana hidrometeorologi

KPU Sigi pastikan siap hadapi bencana hidrometeorologi di Pilkada 2024

Simulasi anggota Kepolisian Resor (Polres) Sigi melakukan pendistribusian logistik Pilkada serentak di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. ANTARA/MOH SALAM

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menyampaikan kesiapan dan antisipasi penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024 khususnya dalam menghadapi bencana hidrometeorologi di daerah itu.
 


Ketua KPU Sigi Soleman di Maku, Sabtu, mengatakan pihaknya mulai dari jajaran di tingkat kecamatan, desa bahkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) senantiasa berkoordinasi untuk distribusi logistik sampai selesainya penghitungan suara pada pilkada mendatang.


 


"Pada prinsipnya KPU Sigi sebagai penyelenggara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah dan bupati dan wakil bupati tahun 2024, tetap akan selalu mempersiapkan semua tahapan khususnya menghadapi pelaksanaan tahapan persiapan logistik, distribusi logistik, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS serta kembalinya logistik ke gudang KPU Sigi," kata Soleman.


 


Ia mengemukakan salah satu persiapan untuk menghadapi berbagai kemungkinan termasuk bencana alam saat distribusi logistik dari gudang KPU Sigi ke kecamatan adalah bekerjasama dengan TNI dan Polri serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat guna mengantisipasi bencana hidrometeorologi tersebut. 


 


"Persiapan yang kami lakukan adalah melakukan koordinasi dan konsolidasi bersama stakeholder khususnya pemerintah Kabupaten Sigi dan aparat keamanan terdiri TNI, Polri dan juga BPBD untuk melakukan persiapan dalam menghadapi bencana hidrometeorologi dengan upaya-upaya mempersiapkan strategi penanganan dan mitigasi bencana dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah pada 27 November mendatang," ujarnya.


 


KPU Sigi, kata dia, melakukan pemetaan terhadap wilayah-wilayah di Kabupaten Sigi yang masuk dalam kategori rawan bencana seperti banjir dan longsor.


 


"Kami juga melakukan pemetaan pada wilayah-wilayah rawan bencana untuk persiapan pembangunan TPS agar sedini mungkin KPU Sigi sudah mempersiapkan langkah-langkah jika bencana terjadi dengan persiapan pemetaan TPS dan juga persiapan penyiapan lokasi alternatif jika suatu wilayah mengalami bencana," ucapnya.


 


Ia menjelaskan pihaknya dalam penyelenggaraan pilkada kali ini senantiasa memberikan rasa keamanan seluruh badan ad hoc di Kabupaten Sigi. 


 


"Hal ini penting guna memberikan rasa keamanan bagi penyelenggara ad hoc dan pemilih agar dapat melaksanakan tahapan pemungutan dan penghitungan suara dengan aman dan nyaman pada November mendatang, " tuturnya. 


 


Diketahui saat ini jadwal dan proses tahapan Pilkada Serentak tahun 2024 adalah pemberitahuan dan pengumuman hasil penelitian persyaratan administrasi calon oleh KPU Sigi tanggal 14 September 2024.


 


Untuk penelitian perbaikan persyaratan administrasi calon dan penelitian dokumen syarat calon pengganti oleh KPU Sigi sejak tanggal 6-14 September 2024.


 


Selanjutnya pada tanggal 15-18 September 2024 merupakan tahapan atau jadwal masukan dan tanggapan masyarakat terhadap keabsahan persyaratan pasangan calon di Kabupaten Sigi. 


 


"Setelah itu kami melakukan klarifikasi atas masukan dan tanggapan masyarakat terhadap keabsahan persyaratan pasangan calon tanggal 15-21 September serta penetapan pasangan calon tanggal 22 September dilanjutkan hari berikutnya pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon," sebutnya. 


 


Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, terdapat empat bakal pasangan calon (bapaslon) yang sudah melakukan pendaftaran sebagai Bupati dan wakil bupati Sigi yaitu Nirwansyah Parampasi dan Hesty Yulita, Husen Habibu dan Ajub Willem Darawia, Agus Lamakarate dan Samuel Riga serta Rizal Injtenae dan Samuel Yansen Pongi.