Pariwisata Kepulauan Togean dilirik Investor China

id togean

Salah satu desinasi wisata kepulaun Togean yang terletak di Kabupaten Tojo Una-una Sulawesi Tengah (togean.net)

berencana berinvestasi dengan membangun destinasi wisata berupa cottage.
Palu,  (Antaranews Sulteng) - Investor asal China melirik potensi Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, sebagai salah satu tujuan investasi di sektor pariwisata bahari.

"Belum lama ini, investor asal China sudah bertemu dengan Pak Bupati Tojo Unauna di Jakarta membahas ketertarikan mereka untuk berinvestasi di Kepulauan Togean," kata Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Tojo Unauna Manuwar Mapu dihubungi dari Palu, Sabtu.

Dia mengatakan, tertariknya investor asal China itu berinvestasi di Kepulauan Togean, karena wilayah itu memiliki keindahan laut dan sudah dikenal oleh turis mancanegara.

Baca juga: Togean Ditetapkan Jadi Kawasan Wisata Strategis Nasional

Dalam pertemuan investor dengan bupati Tojo Unauna Mohammad Lahay pada 27 Februari itu, kata Munawar, banyak membahas sejumlah keunggulan dan rencana pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Tojo Unauna khususnya wisata bahari di Kepulauan Togean.

Investor tertarik karena wilayah Togean punya potensi besar dalam hal keindahan pulaunya, seperti laut, pulau-pulau kecilnya serta alam dan keindahan lainnya," jelasnya.

Munawar mengatakan Kepuluan Togean merupakan daerah yang memiliki keindahan pariwisata karena banyak pulau-pulau kecil, keindahan alam bawah lautnya serta alamya yang masih alami.

Ivestor asal China itu, kata dia, berencana berinvestasi dengan membangun destinasi wisata berupa cottage.

Pemerintah Tojo Unauna sendiri, kata Munawar Mapu, sudah memberi perhatian untuk meningkat promosi wilayah itu, melalui berbagai macam kegiatan, seperti Pesona Lipuku dan Tour de Central Celebes.

Rencananya investor itu akan bangun hotel berbintang di Ampana (ibu kota Tojo Unauna)," katanya.

Dia mengatakan dalam waktu dekat pihak investor akan melakukan survei lokasi dan data-data pendukung lainnya. 

Baca juga: Kepulauan Togean Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar