Menteri Pertanian panen jagung di Tojo Unauna

id Touna,mentan,jagung

Menteri Pertanian panen jagung di Tojo Unauna

Suasana panen jagung di Tojo Unauna bersama Menteri Pertanian, Selasa (24/7) (Antaranews Sulteng/Istimewa)

Palu (Antaranews Sulteng) - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengunjungi Kabupaten Tojo Una Una (Touna), Selasa (24/7), yang merupakan kunjungan kerja pertamanya ke daerah itu dalam rangka panen raya jagung



Dalam kunjungan itu, Mentan juga meninjau gudang jagung eksportir PT. Seger Agro Nusantara di Pelabuhan Mantangisi, Kecamatan Ampana Tete,  serta temu wicara dengan kelompok tani dan para penyuluh pertanian di wilayah itu.



Bupati Touna Mohamad Lahay mengatakan kunjungan Mentan ini diharapkan bisa membawa perubahan yang lebih baik lagi  untuk pertanian di wilayah Kabupaten Tojo Unauna.



"Kami memiliki keyakinan bahwa melalui kunjungan kerja ini bapak menteri akan berkenan melihat dan menyerap secara langsung berbagai informasi mengenai permasalah aktual pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Tojo Unauna khususnya di bidang pertanian," ujarnya.



 Bupati berharap dengan kunjungan kementan ini bisa merumuskan kebijak-kebijakan yang efektif di tingkat pemerintahan pusat untuk membantu pengentasan berbagai ketertinggalan di wilayah Kabupaten Touna.



 Berdasarkan data nilai dan kontrobusi sektor dalam PDRB dari tahun 2016-2017,  sektor yang memberikan kontrobusi terbesar dalam pembentukan PDRB adalah sektor pertanian yakni sebesar 39,66.



 Bupati menguraikan saat ini luas pertanian tanaman pangan di Kabupaten Touna kurang lebih 38 ribu hektar, tanaman hortikultura seluas 644 hektare, pekebunan 49.599 hektare dan luas sawah sebesar 1.952 hektare.



 Khusus yang berkaitan dengan agribisnis jagung, Touna telah mengekspor jagung ke Filipina melalui PT. Seger Agro Nusantara yang hingga kini sudah mencapai 14.076 ton dan Agustus nanti akan diekspor lagi 4.000-an ton.