Pemimpin ASEAN luncurkan depot ketiga logistik di Provinsi Chainat Thailand

id Depot logistik,Delsa,Ktt asean ke-34,Bangkok,Prayut Chan-o-cha,Pm thailand

(Dari kiri), PM Malaysia Mahathir Muhamad, Penasehat Negara Myanmar Aung San Suu Kyi, Presiden Filipina Rodrigo Duterte, PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Thailand Prayut Chan, PM Vietnam Nguyen Xuan Phuc, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Presiden Indonesia Joko Widodo dan Presiden Laos Bounnhang Vorachith meluncurkan DELSA Satelit disela-sela pembukaan KTT ASEAN ke-34 di Bangkok, Thailand, Minggu (23/6/2019). (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Bangkok (ANTARA) - Para pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), di Bangkok, Thailand, Minggu (23/6), meluncurkan depot ketiga ASEAN di bawah Sistem Depot Logistik Darurat Kemanusiaan untuk ASEAN (DELSA).

Depot ini terletak di Provinsi Chainat, Thailand sementara dua depot sebelumnya terletak di Filipina dan Malaysia.

DELSA adalah gudang logistik
tempat ASEAN menyimpan bantuan kemanusiaan.

DELSA yang didanai melalui Japan-ASEAN Integrated Fund (JAIF) bertujuan untuk mendukung distribusi bantuan kemanusiaan secara cepat di lokasi bencana.

Program ini merupakan persediaan yang dimiliki ASEAN pertama kali, dan operasionalnya dari dan untuk negara-negara ASEAN.

Termasuk di dalam program ini adalah peningkatan kapasitas berupa pelatihan logistik atau dukungan teknis terhadap Pusat Koordinasi ASEAN untuk Bantuan Kemanusiaan dalam penanggulangan bencana (AHA Centre) dan negara-negara ASEAN dalam logistik selama masa tanggap darurat.

Baca juga: Di depan pemimpin ASEAN, Jokowi minta anak muda bisa bekerja cepat dan berpikir "out of the box".

Dalam sambutannya, Ketua ASEAN, PM Thailand Prayut Chan-o-cha mengatakan depot logistik di Provinsi Chainat akan memungkinkan ASEAN dan khususnya AHA Centre di Indonesia untuk secara lebih efektif melakukan mobilisasi dan distribusi barang-barang bantuan ke Negara-negara Anggota ASEAN yang terkena bencana di kawasan Asia Tenggara.

Berjejaring dengan depot logistik di Malaysia maupun Filipina, depot logistik di Thailand ini akan semakin memperkuat respons kolektif ASEAN terhadap bencana alam di bawah "One ASEAN, One Response" di seluruh ASEAN, ujar PM Thailand Prayut Chan-o-cha.

Depot logistik di bawah DELSA adalah dukungan lainnya dalam upaya mendukung tema Kepemimpinan ASEAN "Memajukan Kemitraan untuk Keberlanjutan".

DELSA yang dimulai pada Desember 2012 telah mendukung berbagai misi kemanusiaan di kawasan ASEAN seperti respon bencana topan Haiyan
dan banjir Myanmar beberapa waktu lalu.

Secara fisik, depot logistik ASEAN berada di dalam kawasan depot yang dikelola oleh United Nations Humanitarian Response Depot (UNHRD).

Peluncuran depot itu dilakukan di sela-sela pertemuan puncak ASEAN di Bangkok.

Baca juga: ADB: pertumbuhan ekonomi Indonesia contoh baik di Asia Tenggara
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar