Wagub kukuhkan Pengurus KKWM Sulteng, Bupati Morut: tidak ada orang Mori di Eselon II Pemprov

id Wita Mori,KKWM Sulteng,Wagub,Morowali Utara

Wagub kukuhkan Pengurus KKWM Sulteng, Bupati Morut: tidak ada orang Mori di Eselon II Pemprov

Wagub Sulteng Rusli Daeng Palabbi didampingi Wali Kota Palu Hidayat (kanan), Bupati Morut Aptripel Tumimomor (kedua kanan) dan Ketua KKWM Sulteng Ucik N. Sangkalia (ketiga kanan) menyalami seorang pendeta usai menyerahkan bingkisan Natal usai perayaan Natal Wita Mori dan Pengukuhan Pengurus KKWM Sulteng di Palu, Sabtu (23/11) malam (ANTARA/HO-KKWM)

Palu (ANTARA) - Acara pengukuhan Pengurus Kerukunan Keluarga Wita Mori (KKWM) Sulawesi Tengah periode 2019-2024 di halaman Gedung Gereja Efata Jl. Banteng Palu, Sabtu (23/11) malam, berlangsung meriah dalam suasana penuh kekeluargaan.

Wakil Gubernur H Rusli Daeng Palabbi, SH.MH, Bupati Morowali Utara Ir Aptripel Tumimomor, MT dan Wali Kota Palu Drs H Hidayat hadir dalam perhelatan yang dihadiri seribuan warga Mori yang tinggal di Kota Palu dan sekitarnya itu.

Acara diawali dengan ibadah perayaan Natal bersama dipimpin Ketua Klasis Kota Palu GKST Pendeta Armin Rere, STh yang dalam khotbahnya meminta agar momentum natal yang dirangkaikan dengan pengukuhan Pengurus KKWM ini hendaknya semakin mempererat tali persaudaraan untuk hidup dalam perdamaian di tengah masyarakat berdasarkan ayat Alkitab Efesus 4:3.

"Ada yang mengatakan bahwa orang Mori itu sulit bersatu, karena bahasanya saja berbeda-beda (dalam etnis Mori terdapat puluhan sub etnis). Kita harus buktikan bahwa orang Mori itu menjunjung tinggi persatuan dan perbedaan bahasa bukan penghalang untuk hidup dalam perdamaian seperti thema: to pada mambe o'orimani, ansusa manangia - kita saling menolong dalam susah dan senang," ujarnya.

Usai perayaan Natal, Wagub Sulteng Rusli Dg Palabbi yang disambut dengan pemasangan bate atau tutup kepala tradisional suku Mori dan tarian lumense, memimpin pengukuhan Pengurus KKWM dengan ditandai pembacaan naskah pengukuhan yang diikuti seluruh pengurus serta penyerahan pataka Wita Mori kepada Ketua KKWM Sulteng Ir Ucik Narwasti Sangkalia, MSi.

Bupati Morowali Utara Aptripel Tumimomor meminta agar organisasi kerukunan jangan dijadikan alat persaingan, tetapi sebuah kekuatan dalam melibatkan warga untuk memberikan sumbangsi yang lebih baik dalam pembangunan daerah.

Aptripel juga sempat bergurau kepada Wagub Sulteng dengan berucap: Pak Wagub, saat ini tidak ada orang Mori yang duduk di jabatan Eselon II Pemerintah Provinsi Sulteng. 

"Orang Mori itu pintar-pintar juga pak, cuma tampaknya belum diberi kesempatan, kalau diberi kesempatan, pasti sukses itu pak," ujar Ipe, panggilan akrab Aptripel yang disambut tepuk tangan hadirin.
Wagub Sulteng Rusli Daeng Palabbi menyerahkan Pataka Wita Mori kepada Ketua Kerukunan Keluarga Wita Mori (KKWM) Sulteng periode 2019-2024 Ir Ucik Narwasty Sangkalia, MSi di Palu, Sabtu (23/11) malam (ANTARA/Rolex 9Malaha)

Saat tampil memberikan sambutan, Wagub Rusli Dg Palabbi meresponse pernyataan Ipe dengan mengatakan: orang Mori yang jadi pejabat eselon II di tingkat pemprov itu sudah ada, cuma maksudnya pak bupati (Bupati Morowali Utara) mungkin adalah masih kurang, perlu ditambah lagi.

"Tahun depan kita akan lihat, siapa-siapa orang Mori yang bisa diangkat jadi pejabat eselon II," ujarnya yang disambut tawa dan tepuk tangan hadirin.

Wagub sendiri menekankan bahwa organisasi kerukunan seperti ini sifatnya kekeluargaan dan tidak berafiliasi dengan organisasi politik manapun untuk mendorong keterlibatan masyarakat yang lebih besar dalam pembangunan di segala bidang.

"Kiranya KKWM dapat membawa warga (kerukunan) lebih maju dengan harapan seluruh pengurus mampu memegang prinsip 'di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung," kata Wagub berharap.

Sementara itu Wali Kota Palu Hidayat mengatakan bahwa warga Mori di Kota Palu sudah cukup banyak memberikan kontribusi dalam pembangunan daerah dan diharapkan ke depan akan lebih baik lagi.

"Saya berharap warga Mori di kota ini ikut menciptakan suasana yang aman dan tenteram sehingga pilkada 2020 nanti bisa berjalan dengan tertib, aman, lancar dan demokratis," ujarnya.

Acara Natal bersama dan pengukuhan Pengurus KKWM ini diakhiri dengan acara menari dero bersama yang juga diikuti Wagub, Bupati Morut dan Wali Kota Palu.
Bupati Morowali Utara Ir Aptripel Tumimomor, MT (kanan) berbincang dengan Ketua Kerukunan Keluarga Wita Mori (KKWM) Sulteng periode 2019-2024 Ir Ucik Narwasty Sangkalia, MSi (kiri) di Palu, Sabtu (23/11) malam (ANTARA/Rolex Malaha)
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar