FORKI Sulteng akan rangkul perguruan lahirkan atlet berprestasi

id karate,forki sulteng

FORKI Sulteng akan rangkul  perguruan lahirkan atlet berprestasi

Karate merupakan cabang olahraga yang punya catatan prestasi bagus di Provinsi Sulawesi Tengah. (Foto Antara/Anas Masa).

Kita sampai hari ini masih diperhadapkan dengan fasilitas latihan yang masih belum memadai
Palu (ANTARA) - Pengprov Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Sulawewesi Tengah akan merangkul semua perguruan karate yang ada di seluruh kabupaten/kota untuk melahirkan atlet berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

"Kita sampai hari ini masih diperhadapkan dengan fasilitas latihan yang masih belum memadai," kata Ketua Pengprov Forki Sulteng, Yudi di Palu, Senin.

Padahal, kata dia, selama ini karate telah memberikan banyak kontribusi prestasi di tingkat regional, nasional dan bahkan internasional.

Misalkan pada PON, atlet karate selalu menyumbangkan medali bagi kontingen Sulteng. Bahkan di kejuaraan tingkat internasional, atlet Sulteng pernah membela tim nasional dan berhasil merebut medali.

"Kita pernah memiliki seorang atlet handal cabang karate yakni Cristo Mondolu yang kini sudah menjadi pelatih bersertifikat nasional," kata dia.

Cristo menjadi salah satu atlet daerah yang cukup bersinar ketika membela Indonesia di berbagai kejuaraan.

Padahal ia tidak didukung dengan fasilitas tempat latihan yang memadai, katanya.

"Kebanyakan tempat latihan atlet hanya di setiap perguruan saja," katanya. Khusus untuk tempat latihan terpusat yang memadai Sulteng belum punya, karenanya ia ingin melibatkan perguruan karate untuk membina atlet berprestasi.  

Ia juga menyebutkan bahwa cabang karate perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah menyangkut fasilitas latihan yang memadai.

"Saya optimistis, jika kita punya fasilitas latihan yang bagus dan memadai, niscaya prestasi atlet Sulteng ke depan akan meningkat dan Sulteng bisa menjadi salah satu daerah yang mampu melahirkan atlet-atlet nasional," ujarnya.

Yudi menambahkan dalam kepemimpinannya, ia akan merangkul semua perguruan karate yang ada di daerah ini yang pada masa-masa sebelumnya seperti tidak begitu mendapat perhatian dari Pengprov Forki.

Jika hal itu dapat berjalan dengan baik, maka perguruan pun akan lebih bersemangat untuk mendukung kegiatan-kegiatan Pengprov Forki dan juga membina dan meproduksi atlet-atlet berprestasi yang dapat menjadi aset daerah dan juga nasional.

Ketua Umum KONI Sulteng, Anwar Ponulele membenarkan karate merupakan cabang olahraga yang diunggulkan di PON.

Dalam beberapa kali pelaksanaan PON, cabang karate selalu mempersembahkan medali.

Terakhir di PON XVIII, karate mempersembahkan empat medali bagi kontingen Sulteng.