Polda Fokus Pengamanan Pilpres Di Poso

id ari, dono

Polda Fokus Pengamanan Pilpres Di Poso

Kapolda Sulteng Brigjen Pol Ari Dono Sukmanto (Istimewa)

Kita sudah siapkan pasukan pengamanan di daerah itu untuk antisipasi segala hal yang terjadi
Palu,  (antarasulteng.com) - Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah fokus pengamanan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 9 Juli 2014 di Kabupaten Poso dan Kota Palu mengingat daerah tersebut termasuk rawan.

"Kita sudah siapkan pasukan pengamanan di daerah itu untuk antisipasi segala hal yang terjadi," kata Kepala Polda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Ari Dono Sukmanto di Palu, Selasa.

Dia tidak menyebutkan secara rinci jumlah pasukan yang diterjunkan di Kabupaten Poso dan Kota Palu.

"Ada pasukan Brimob di situ. Kita tidak sebutkan jumlahnya," katanya.

Di daerah tertentu di Kabupaten Poso hingga saat ini masih tergolong tempat rawan terjadinya aksi terorisme.

Beberapa waktu sebelumnya, ada warga ditembak orang misterius di Kabupaten Poso. Kemudian, Markas Polsek Poso Pesisir Utara diberondong oleh kelompok bersenjata namun tidak menimbulkan korban jiwa.

Sedangkan di Kota Palu termasuk daerah rawan perkelahian antarwarga.

"Jangan sampai berbagai peristiwa itu membuat warga takut mencoblos," ujar Ari Dono.

Polda Sulawesi Tengah sendiri menyiapkan 8.395 persenel untuk mengamankan seluruh tahapan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI 2014.

Ribuan personel itu terdiri dari 1.444 aparat yang mengamankan selama proses kampanye, sebanyak 5.779 orang disiapkan untuk pengamanan pemungutan suara, serta sekitar 1.800 aparat saat saat penetapan hasil pemungutan suara.

Seluruh pasukan pengamanan itu terdiri dari aparat Polda Sulawesi Tengah dan polres-polres yang ada di provinsi ini.

Dia mengatakan sistem pengamanan pemilihan presiden itu disesuaikan dengan tingkat kerawanan daerah dan setiap tempat pemungutan suara (TPS) yang berjumlah 5.857 unit.

Dalam menjaga keamanan Pilpres 2014, Polri juga dibantu dengan pasukan TNI dan aparat Perlindungan Masyarakat (Linmas). Polri juga telah menetapkan Siaga I untuk pengamanan Pilpres 2014 yang diikuti dua pasangan ini. (skd)