FKUB Sulteng harap pers tumbuhkan optimisme warga bebas dari COVID

id MUI Palu,FKUB Provinsi Sulteng,Prof Zainal Abidin MAg,hari Pers nasional,HPN tahun 2021

FKUB Sulteng  harap pers tumbuhkan optimisme warga bebas dari COVID

Ketua FKUB Provinsi Sulteng Prof Dr KH Zainal Abidin MAg (ANTARA/HO-Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah berharap insan pers berperan menjadi pemberi motivasi untuk membangkitkan optimisme warga agar bisa bebas dan bangkit dari keterpurukan kala pandemi COVID-19.

"Saya selaku Ketua FKUB Provinsi Sulteng sekaligus Ketua MUI Palu tentu berharap banyak kepada insan pers, untuk bersama-sama seluruh elemen bangsa, dalam rangka memberikan motivasi, memberikan semangat, kepada seluruh rakyat Indonesia termasuk di Sulteng, agar supaya kita semua optimis untuk bangkit," ucap Ketua FKUB Provinsi Sulteng Prof KH Zainal Abidin MAg, di Palu, Selasa, berkaitan dengan momentum Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021.

Prof Zainal yang juga Ketua MUI Palu menyebut bahwa motivasi untuk menumbuhkan optimisme, menjadi salah satu modal untuk bangkit dari keterpurukan dalam situasi pandemi COVID-19.

karena itu, kata dia, tugas dan fungsi dari insan pers sangat dibutuhkan dalam membangun optimisme tersebut. Olehnya, ia berharap insan pers ikut mengedukasi masyarakat, memberikan semangat.

"Agar optimisme itu muncul, sehingga dengan optimisme itu akan tercipta situasi yang baik, aman dan tentram, serta dapat berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat, dan peningkatan kesejahteraan," kata Prof Zainal.

"Karena optimisme menjadi kunci keberhasilan menghadapi pandemi COVID-19, di tengah situasi menyebarkan pesimisme kalangan-kalangan tertentu," tambahnya.

Insan pers, sebut dia, perlu mengedukasi masyarakat bahwa pandemi COVID-19 adalah realita atau kenyataan, yang harus dihadapi dengan penuh optimisme, bahwa ini akan berakhir.

"Tuhan menciptakan penyakit, Tuhan pula yang akan memberikan obatnya. Tetapi yang penting dari kita, setiap mahluk dan ciptaan Tuhan pasti berubah, pandemi COVID-19 bagian dari ciptaan Tuhan yang suatu saat dia akan berubah," sebut Prof Zainal yang juga Guru Besar Pemikiran Islam Modern IAIN Palu.

Prof Zainal juga mengatakan bahwa insan pers dan perusahaan pers menghadapi tantangan yang luar biasa kala pandemi COVID-19. Bahkan, ada sebagian dari perusahaan pers yang gulung tikar, serta sebagian perusahaan pers yang merupakan koran harian terpaksa beralih menjadi media online.

"Karena itu, semoga Hari Pers Nasional, bisa membangkitkan semangat kita semua agar pandemi ini bisa berakhir, sehingga kita memasuki tahapan dunia baru, dengan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik, sekaligus terciptanya kesehatan masyarakat dan kesejahteraan masyarakat," katanya.